• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Desain CD Pembelajaran Interaktif dengan Animasi Kartun pada Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (43)a_1.pdf (440.5Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Haris Alfan Syukri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    CD Pembelajaran Interaktif merupakan salah satu jenis dari pengaplikasian komputer dalam pembelajaran yang dikemas dalam bentuk CD. Media ini dirancang khusus dengan menggunakan bermacam-macam software yang dipadukan dengan bentuk-bentuk media visual seperti video. Penggunaan CD pembelajran interaktif dalam kegiatan pembelajaran kiranya dapat digunakan sebagai salah satu solusi dalam memecahkan kesulitan mempelajari suatu materi. Dalam penelitian ini materi yang akan disajikan adalah pecahan untuk kelas V. Materi ini dipilih karena keluhan baik dari guru maupun siswa tentang kesulitan dalam mengajarkan dan mempelajari pecahan. Permasalahan yang hendak dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) mendesain CD Pembelajaran Interaktif untuk materi pecahan kelas V, (2) menguji kelayakan CD pembelajaran interaktif dengan meenggunakan angket yang berisi aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran interaktif. Dalam mengembangkan CD interaktif, terdapat beberapa langkah atau rancangan penelitian diantaranya adalah analisis kebutuhan, pemilihan topik, penyusunan peta materi, penyusunan diagram alir media, pelaksanaan produksi, evaluasi, revisi, pengemasan dan penggunaan. Penelitian ini menggunakan dua metode untuk pengumpulan data yaitu metode dokumentasi dan metode angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan persentase yaitu dengan cara menjumlahkan masing-masing item kemudian membandingkan dengan jumlah maksimal sehingga diperoleh persentase. Setelah dilaksanakan tahap-tahap dalam prosedur kerja pembuatan CD pembelajaran interaktif, maka telah dihasilkan media pembelajaran berbasis multimedia dengan judul CD Pembelajaran Interaktif Gemar Matematika. CD interaktif yang dihasilkan mempunyai ukuran 6,7 Mb. CD pembelajaran interaktif vii yang dihasilkan merupakan tipe moduler, yaitu terdiri dari beberapa file diantaranya loading.swf, pembuka.swf, menu utama.swf dan master.exe. Dari hasil analisis uji kelayakan untuk aspek rekayasa perangkat lunak, aspek tampilan, aspek desain pembelajaran dan aspek komunikasi visual didapatkan persentase berturut-turut 80%, 79,46%, 80,68% dan 81,25%. Dengan demikian masing-masing aspek berada dalam kualifikasi “baik” dan sudah layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15580
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository