dc.description.abstract | Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran masih
berorientasi pada guru. Siswa cenderung menerima apa saja yang telah diterangkan
oleh guru tanpa harus mengetahui apa manfaat dari pelajaran tersebut sehingga
aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA masih belum aktif. Penggunaan
metode diskusi dengan media gambar pada papan buletin menuntut siswa untuk
terlibat aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan kegiatan diskusi siswa dapat
mengemukakan pikirannya, saling bertukar pendapat dan saling bekerjasama untuk
membangun pengetahuan tentang suatu masalah. Harapan dalam penelitian ini yaitu
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar
siswa dengan menggunakan metode diskusi dengan media gambar pada papan
buletin, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode
diskusi dengan media gambar pada papan buletin.
Penelitian dilaksanakan di SDN Sumbergondo I pada siswa kelas IV yang
terdiri 37 siswa, 25 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah
penelitian tindakan kelas, sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan
observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 04 Nopember 2010 sampai
dengan 18 Nopember 2010. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa,
aktivitas guru dan skor tes individu. Hasil Penilaian pada siklus I aktivitas siswa
vii
mencapai 73,48%. Pada siklus II aktivitas siswa mencapai 89,02%. Analisis hasil
belajar siswa pada siklus I mencapai 78,38% dan pada siklus II mencapai 94,59%.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan metode diskusi
dengan media gambar pada papan buletin dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini
dapat terlihat dari kemampuan bertanya terjadi peningkatan sebesar 37,36 % pada
siklus I mencapai 27,5% dan siklus II mencapai 64,86 %. Mendengarkan penjelasan
dari guru juga meningkat sebesar 16,99 % dengan persentase dari siklus I 76,25 %
dan siklus II 93,24 %. Menyusun gambar pada papan buletin menunjukkan
peningkatan sebesar 4,32% pada siklus I 95% dan siklus II 99,32%. Sedangkan
interaksi dalam berdiskusi meningkat sebesar 4,04 % pada siklus I 94,6 % dan siklus
II 98,64%. Secara keseluruhan aktivitas siswa meningkat sebesar 15,54% pada siklus
I 73,48% dan siklus II 89,02 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran IPA pokok bahasan Daur Hidup Hewan menggunakan metode diskusi
dengan media gambar pada papan buletin dapat meningkatkan aktivitas siswa.
Penggunaan metode diskusi dengan media gambar pada papan buletin dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan dapat dilihat dari analisis hasil belajar
siswa yang menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas belajar berjumlah 29
siswa sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah 8 siswa. Persentase ketuntasan
pada siklus I mencapai 78,38 %. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar belajar
berjumlah 35 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar berjumlah 2 siswa. Persentase
ketuntasan pada siklus II mencapai 94,59%. Dengan demikian ketuntasan belajar
siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 16,21 | en_US |