Show simple item record

dc.contributor.authorRaharjanti, Meliyana
dc.date.accessioned2013-10-31T07:40:57Z
dc.date.available2013-10-31T07:40:57Z
dc.date.issued2013-10-31
dc.identifier.nimNIM070210101007
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1544
dc.description.abstractModel penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Plomp yang terbagi dalam lima fase, yaitu : (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Namun pada penelitian ini, fase implementasi tidak dilaksanakan karena penelitian ini terbatas sampai menghasilkan perangkat pembelajaran, tidak sampai mengimplementasikan perangkat pembelajaran. Data yang dikumpulkan dan dianalisis dalam penelitian ini antara lain data yang diperoleh dari hasil validasi para ahli dan praktisi, aktifitas siswa dan guru dalam uji coba perangkat pembelajaran, respon siswa terhadap pembelajaran dan perangkat pembelajaran (buku siswa dan LKS), serta hasil belajar siswa. Hasil validasi oleh para ahli berupa koreksi, kritik, dan saran yang digunakan sebagai dasar untuk melakukan revisi dan penyempurnaan terhadap perangkat pembelajaran. Uji coba dilaksanakan di kelas XII Tata Niaga SMKN 4 Jember dalam dua kali pertemuan, sesuai dengan RPP, serta satu kali pertemuan untuk tes hasil belajar. Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan disajikan sebagai berikut: Tabel 1 Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Kriteria Keterangan Kualifikasi Kevalidan Koefisien validitas RPP, buku guru, buku siswa, LKS, dan tes hasil belajar adalah 0,87; 0,91; 0,93; 0,85; dan 0,84. Sangat tinggi Kepraktisan Persentase aktifitas guru sebesar 100% dan persentase aktifitas siswa sebesar 93,44% Sangat tinggi Keefektifan Sebanyak 83% siswa telah tuntas hasil belajarnya dan sebanyak 77,78% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran Tinggi Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran berhasil mengembangkan perangkat pembelajaran operasi matriks berorientasi pendekatan pemecahan masalah di SMK Program Keahlian Tata Niaga Kelas XII. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku guru, buku siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes hasil belajar yang telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101007;
dc.subjectPembelajaran Operasi Matriks Berorientasi Pendekatan Pemecahan Masalahen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN OPERASI MATRIKS BERORIENTASI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DI SMK PROGRAM KEAHLIAN TATA NIAGA KELAS XIIen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record