Show simple item record

dc.contributor.authorPuguh Darmawan
dc.date.accessioned2014-01-16T09:06:18Z
dc.date.available2014-01-16T09:06:18Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM070210101054
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15411
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukan bahwa pada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru dan bersifat konvensional sehingga siswa cenderung pasif dan tidak antusias dalam proses pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan guru matematika di SMP Negeri 3 Balung menyatakan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai pelajaran matematika yang berhubungan dengan hal yang bersifat abstrak. Akibatnya rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran SAVI Berbantuan Media Digital, aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran SAVI Berbantuan Media Digital pada pokok bahasan fungsi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Balung semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa penerapan Pembelajaran SAVI (Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual)Berbantuan Media digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Kelas VIII B Semester Ganjil SMP Negeri 3 Balung Tahun Ajaran 2011/2012 berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis data diperoleh bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I. Pada siklus I mencapai 79,60% sedangkan pada pra siklus tidak terjadi aktivitas yang berarti karena siswa hanya diam dan mendengarkan guru. Disamping itu ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga menunjukkan adanya peningkatan dari pra siklus ke siklus I. Pada pra siklus haya mencapai 51,4% sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 74,28%. Ketuntasan klasikal mengalami peningkatan secara signifikan meskipun masih ada siswa yang tidak tuntas secara perorangan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101054;
dc.subjectSomatik, Auditori, Visual dan Intelektualen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIK, AUDITORI, VISUAL,DAN INTELEKTUAL) BERBANTUAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KELAS VIII B SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 3 BALUNG TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record