Show simple item record

dc.contributor.authorAri Minarni
dc.date.accessioned2014-01-16T09:02:22Z
dc.date.available2014-01-16T09:02:22Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM030210402300
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15410
dc.description.abstractObservasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas II SLTP N 3 Bangsalsari Jember dalam pembelajaran memahami struktur cerpen masih belum mencapai ketuntasan belajar baik secara individual maupun klasikal. Salah satu faktor penyebabnya adalah strategi pembelajaran yang digunakan masih monoton, sehingga mengakibatkan siswa menjadi pasif dalam belajar. Pembelajaran kooperatif model bertukar pasangan dipilih dan digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami struktur cerpen. Alasan dilakukan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas II SLTP N 3 Bangsalsari Jember, karena di SLTP N 3 Bangsalsari Jember belum pernah dilakukan penelitian dengan permasalahan yang sama tentang digunakannya pembelajaran kooperatif model berukar pasangan dalam memahami struktur cerpen. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini mengangkat permasalahan (1) Proses pembelajaran kooperatif model bertukar pasangan yang bagaimanakah yang dapat meningkatkan kemampuan memahami struktur cerpen siswa kelas II SLTP N 3 Bangsalsari Jember, dan (2) Bagaimanakah hasil belajar dalam memahami struktur cerpen dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model bertukar pasangan siswa kelas II SLTP N 3 Bangsalsari Jember. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Proses belajar dalam memahami struktur cerpen dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model bertukar pasangan siswa kelas II SLTP N 3 Bangsalsari Jember, (2) Hasil belajar dalam memahami struktur cerpen dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model bertukar pasangan siswa kelas II SLTP N 3 Bangsalsari Jember. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dan dilakukan kolaboratif antara peneliti dengan guru. Data diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan dalam suatu kegiatan pembelajaran, hasil wawancara dengan sepuluh siswa kelas VIII A dan guru Bahasa Indonesia, dan hasil tes memahami struktur cerpen. Data penelitian berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menganalisis struktur cerpen, rekaman pernyataan siswa dan guru berkaitan dengan penggunaan pembelajaran kooperatif model bertukar pasangan, dan nilai tes siswa dalam memahami struktur cerpen. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII A SLTP N 3 Bangsalsari Jember. Instrumen utama penelitian adalah peneliti yang bertindak sebagai pengumpul data melalui observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model bertukar pasangan dalam meningkatkan hasil belajar memahami struktur vii cerpen dilakukan berdasarkan tiga tahap yakni tahap pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pada tahap pendahuluan terdiri atas membangkitkan skemata siswa menjelaskan materi struktur cerpen secara per struktur, dan menyampaikan kompetensi dasar. Pada tahap kegiatan inti aktifitas yang dilakukan adalah pengelompokan secara berpasangan, melaksanakan tugas kelompok, membimbing siswa bekerja secara kooperatif, dan membimbing siswa dalam melaksanakan pembelajaran kooperatif model bertukar pasangan. Pada tahap penutup pembelajaran difokuskan pada kegiatan bertukar pasangan dan presentasi yakni salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas dan kelompok lain menanggapinya, kemudian siswa bersama guru merefleksikan pembelajaran menganalisis struktur cerpen. Hasil belajar siswa dapat diketahui melalui adanya peningakatan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Pada tahap prasiklus terdapat 17 siswa (56,4%) yang mendapat nilai ≥ 75. Pada siklus I terjadi peningkatan dari 17 menjadi 23 siswa (71,9%) yang mendapat nilai ≥ 75, akan tetapi belum mencapai ketuntasan secara klasikal (85%), kemudian setelah diterapkan siklus II meningkat menjadi 28 siswa (93,3%) dan dapat dinyatakan tuntas secara klasikal. Pada siklus I atau tindakan pertama diketahui hasilnya belum maksimal, siswa masih kurang optimal dalam menganalisis sebuah cerpen, dikarenakan waktu yang diberikan kepada siswa masih kurang mencukupi untuk memahami sebuah cerpen, sehingga hasilnya kurang maksimal. Selain itu, pada saat diskusi berlangsung, guru kurang memberikan bimbingan pada tiap kelompok untuk berdiskusi dengan baik. Pada siklus II, guru sudah membimbing kelompok dengan baik, sehingga siswa antusias dalam diskusi dan melakukan pembelajaran. Kemampuan siswa dalam memahami struktur cerpen juga sudah baik, dibuktikan setiap kelompok sudah dapat menyebutkan semua unsur cerpen serta dapat mendeskripsikan unsur-unsur cerpen dengan baik. Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran kooperatif siklus II, hasil belajar siswa menjadi lebih meningkat dan siswa menjadi lebih aktif dalam diskusi. Hal ini disebabkan pada siklus II guru lebih aktif dalam membimbing diskusi kelompok, daripada siklus I guru kurang aktif dalam membimbing siswa saat diskusi kelompok, sehingga siswa menjadi pasif dalam kegiatan diskusi. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian yaitu: 1) Bagi guru Bahasa Indonesia, diharapkan lebih aktif dalam membimbing siswa belajar berkelompok terutama dalam pembelajaran analisis struktur cerpen, 2) Bagi siswa SLTP, diharapkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model bertukar pasangan, siswa dapat saling bertukar pikiran dan berbagi ilmu pengetahuan, 3) Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dalam mengkaji permasalahan ini selanjutnya pada ruang lingkup yang lebih luas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210402300;
dc.subjectpembelajaran kooperatif, model bertukar pasangan, memahami struktur cerpenen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI STRUKTUR CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL BERTUKAR PASANGAN SISWA KELAS II SLTP N 3 BANGSALSARI JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record