Show simple item record

dc.contributor.authorNurul Afisa
dc.contributor.authorNur u l Af is a
dc.date.accessioned2014-01-16T08:35:19Z
dc.date.available2014-01-16T08:35:19Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM090210101077
dc.identifier.nimNIM090210101077
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15397
dc.description.abstractPada umumnya, siswa mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai di perguruan tinggi, menganggap bahwa matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat sulit. Masalah tersebut tidak dapat dipungkiri, karena setiap tahunnya hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar matematika pada setiap tingkatan sekolah dapat disebabkan kurangnya minat siswa untuk belajar karena terlalu sering menghafal rumus. Disamping itu, apabila guru memberikan pertanyaan, mereka lebih banyak diam. Siswa cenderung pasif dalam berpendapat, mengerjakan soal atau tugas dari guru. Guru hanya ceramah di depan kelas dan setelah itu mereka diminta untuk mengerjakan soal latihan. Selain itu, setelah pembelajaran selesai guru seringkali memberikan pekerjaan rumah (PR) sebagai latihan dari soal-soal yang ada di buku paket saja, sehingga membuat siswa memiliki pengetahuan sebatas yang ada di buku. Berdasarkan hal tersebut, maka akan dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan salah satu model pembelajaran matematika yaitu Missouri Mathematics Projects (MMP) bernuansa kontekstual pada Kelas VIII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) bernuansa kontekstual pada sub pokok bahasan kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP. Selain itu, untuk mengetahui hasil pengembangan perangkat pembelajaran model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) bernuansa kontekstual pada sub pokok bahasan kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP. Subjek uji vii coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Al-Islah Ambulu. Uji coba dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Perangkat pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Bernuansa Kontekstual meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), buku siswa, dan tes hasil belajar. Proses pengembangan yang dilakukan meliputi 4 (empat) tahap pengembangan model perancangan pendidikan dari Thiagarajan yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan 3 aspek kualitas, yakni aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan. Dari hasil uji kevalidan, perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran MMP bernuansa kontekstual mencapai kriteria kevalidan dengan koefisien validitas untuk rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 0,91; koefisien validitas buku siswa sebesar 0,92; koefisien validitas lembar kerja siswa sebesar 0,93; koefisien validitas tes hasil belajar sebesar 0,86. Kategori validitas keempat perangkat adalah sangat tinggi. Dari hasil uji kepraktisan, diperoleh bahwa persentase aktivitas guru pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua, berturutturut adalah 93,75% dan 97,91%. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua berturut-turut adalah 87,87% dan 91,92%. Dari analisis tes hasil belajar diperoleh bahwa 97% siswa mencapai skor lebih dari 70. Dan dari analisis angket respon siswa diperoleh bahwa lebih dari atau sama dengan 90% siswa memberikan respon positif terhadap tiap-tiap indikator yang ditanyakan dalam angket respon siswa, hal ini berarti siswa setuju dengan penerapan model pembelajaran MMP bernuansa kontekstual. Siswa merasa senang dan berharap bisa diterapkan pada kegiatan berikutnya. Berdasarkan kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran model pembelajaran MMP bernuansa kontekstual pada sub pokok bahasan kubus dan balok untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VIII yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran MMP bernuansa kontekstual.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101077;
dc.relation.ispartofseries090210101077;
dc.subjectP E M B E L AJA RA N M ODE L P E M B E L AJA RA N M I S S OU R I M A T HE M A T I C S P R OJE C Ten_US
dc.titleP E NGE M B AN GAN P E RA NGKAT P E M B E L AJA RA N M ODE L P E M B E L AJA RA N M I S S OU R I M A T HE M A T I C S P R OJE C T ( M M P ) B E RN UA NSA KO NT E KS T UA L P AD A S UB P OK OK B AHA S AN KUB US DA N B AL OK UN T UK S M P KE L AS VI I I S E M E S T E R GE NA Pen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record