Show simple item record

dc.contributor.authorNurul Fitriana
dc.date.accessioned2014-01-16T07:03:50Z
dc.date.available2014-01-16T07:03:50Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM080210204103
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15358
dc.description.abstractDaya serap siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang digunakan guru di kelas cenderung monoton, kurang membangkitkan motivasi belajar siswa. Selain itu dalam kegiatan mengajarnya guru jarang menggunakan media yang menarik perhatian siswa melainkan hanya melalui penjelasan-penjelasan saja. Media gambar merupakan media pembelajaran yang dapat mengkongkritkan konsep-konsep dan hal-hal yang bersifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas daya serap siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SDN Mrawan 02 kecamatan Mayang kabupaten Jember. Subyek penelitian yaitu siswa di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi. Data yang dikumpulkan adalah aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung serta hasil belajar siswa Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media gambar pada pokok bahasan jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan dalam pelajaran IPS di SDN Mrawan 02 terlaksana dengan lancar. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dimana pertemuan kedua diadakan tes individu dan siklus II dilaksanakan 2 kali pertemuan karena merupakan pemantapan dari siklus 1.Aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Persentase keaktifan siswa secara klasikal sebesar 66,67 % pada pembelajaran 1 siklus 1 sedangkan pada pembelajaran 1 siklus II sebesar 83,67 %. Kesulitan yang dihadapi selama pembelajaran berlangsung terdapat pada siswa yang malu bertanya dan sulit berinteraksi dengan teman sekelompoknya dan cenderung pasif. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari hasil penelitian adalah nilai persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 72,41 % pada siklus 1 dan mencapai 93,10 % pada siklus II hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar pada pokok bahasan jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan dalam mata pelajaran IPS kelas V di SDN Mrawan 02 kecamatan Mayang kabupaten Jember dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang pada akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204103;
dc.subjectMEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS V POKOK BAHASAN JASA DAN PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN DI SDN MRAWAN 02 KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record