Show simple item record

dc.contributor.authorWike Indriati
dc.date.accessioned2013-10-31T05:56:11Z
dc.date.available2013-10-31T05:56:11Z
dc.date.issued2013-10-31
dc.identifier.nimNIM070210201065
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1524
dc.description.abstractPendidikan anak pada usia dini merupakan pendidikan yang paling mendasar dan menempati kedudukan sebagai golden age karena usia dini merupakan usia yang tepat untuk menumbuhkembangkan berbagai kemampuan, kecerdasan, bakat, kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosio-emosional dan spiritual. Pada masa ini partisipasi orang tua dalam pendidikan anaknya sangat penting karena hal ini akan mempengaruhi proses belajar anaknya di sekolah. Partisipasi orang tua adalah keterlibatan mental dan emosi dari orang tua untuk ikut serta dalam perkembangan pendidikan anak baik di rumah maupun di sekolah, dimana keterlibatan tersebut dititikberatkan pada pemberian yang bersifat pemikiran, material maupun tenaga, sedangkan pendidikan anak adalah pembinaan kepribadian, pengembangan kemampuan, atau potensi yang perlu dikembangkan dalam diri anak, serta tujuan ke arah mana anak dapat mengaktualisasikan dirinya seoptimal mungkin. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini di PAUD Ananda Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso. Manfaat penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini di PAUD Ananda Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan metode kuantitatif karena penelitian ini bertujuan ingin mencari pengaruh antara partisipasi orang tua dengan pendidikan anak dengan jumlah responden 23 wali murid dengan menggunakan teknik populasi. Data primer dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari angket untuk partisipasi orang tua dan pendidikan anak yang diberikan kepada wali murid peseta didik di PAUD Ananda Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana dengan alasan untuk mengetahui pengaruh partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ha “ada pengaruh antara partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini di PAUD Ananda Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso”, dan Ho “tidak ada pengaruh antara partispasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini di PAUD Ananda Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso”. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode statistik mempergunakan rumus Regresi Linier Sederhana diperoleh nilai F-hitung (Fh) sebesar 8,46 dan untuk F-teoretis (Ft) sebesar 4,32 dengan taraf signifikansi 5 % untuk N=23, karena nilai Fh > Ft dapat disimpulkan bahwa hasil analisis tersebut sangat signifikan, yaitu menolak hipotesis nihil dan menerima hipotesis kerja. Berdasarkan hasil pengolahan data tersebut diketahui bahwa tingkat partisipasi orang tua sangat besar terhadap pendidikan anak-anaknya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210201065;
dc.subjectPARTISIPASI ORANG TUAen_US
dc.titlePENGARUH PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PAUD ANANDA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record