dc.description.abstract | Pendidikan anak pada usia dini merupakan pendidikan yang paling mendasar
dan menempati kedudukan sebagai golden age karena usia dini merupakan usia yang
tepat untuk menumbuhkembangkan berbagai kemampuan, kecerdasan, bakat,
kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosio-emosional dan spiritual. Pada masa ini
partisipasi orang tua dalam pendidikan anaknya sangat penting karena hal ini akan
mempengaruhi proses belajar anaknya di sekolah.
Partisipasi orang tua adalah keterlibatan mental dan emosi dari orang tua
untuk ikut serta dalam perkembangan pendidikan anak baik di rumah maupun di
sekolah, dimana keterlibatan tersebut dititikberatkan pada pemberian yang bersifat
pemikiran, material maupun tenaga, sedangkan pendidikan anak adalah pembinaan
kepribadian, pengembangan kemampuan, atau potensi yang perlu dikembangkan
dalam diri anak, serta tujuan ke arah mana anak dapat mengaktualisasikan dirinya
seoptimal mungkin. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
ada tidaknya pengaruh partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini di
PAUD Ananda Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso. Manfaat penelitian
ini yaitu untuk mengetahui pengaruh partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak
usia dini di PAUD Ananda Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso.
Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan metode
kuantitatif karena penelitian ini bertujuan ingin mencari pengaruh antara partisipasi
orang tua dengan pendidikan anak dengan jumlah responden 23 wali murid dengan
menggunakan teknik populasi. Data primer dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari angket untuk partisipasi orang tua dan pendidikan anak yang diberikan kepada wali
murid peseta didik di PAUD Ananda Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten
Bondowoso. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan
dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier
Sederhana dengan alasan untuk mengetahui pengaruh partisipasi orang tua terhadap
pendidikan anak usia dini. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ha “ada pengaruh
antara partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini di PAUD Ananda
Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso”, dan Ho “tidak ada pengaruh
antara partispasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini di PAUD Ananda
Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso”.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode statistik
mempergunakan rumus Regresi Linier Sederhana diperoleh nilai F-hitung (Fh)
sebesar 8,46 dan untuk F-teoretis (Ft) sebesar 4,32 dengan taraf signifikansi 5 %
untuk N=23, karena nilai Fh > Ft dapat disimpulkan bahwa hasil analisis tersebut
sangat signifikan, yaitu menolak hipotesis nihil dan menerima hipotesis kerja.
Berdasarkan hasil pengolahan data tersebut diketahui bahwa tingkat partisipasi orang
tua sangat besar terhadap pendidikan anak-anaknya. | en_US |