| dc.description.abstract | Pendidikan  luar  sekolah  muncul  karena  adanya  ketidak  seimbangan  anatara 
Pendidikan  di  Sekolah  dengan  kenyataan  saat  ini.  Pendidikan  Luar  Sekolah 
memberikan  pelayanan  kepada  masyarakat,  salah  satu  kegiatan  Pendidikan  Luar 
Sekolah  yang  banyak  diminati  masyarakat  adalah  kursus  atau  pelatihan.  Lembaga-
lembaga  kursus  di  Indonesia  dalam  beberapa  tahun  terakhir  tumbuh  sangat  pesat 
namun  masih  banyak  pula  lembaga  kursus  yang  berjalan  terseok-seok.  Hal  ini 
berdampak  pada  keberlangsungan  lembaga  kursus  yang  hanya  bertahan  beberapa 
tahun,  akan  tetapi  kondisi  tersebut  tidak  berlaku  pada  salah  satu  lembaga  Kursus  di 
Kabupaten  Jember  yaitu  Lembaga  Kursus  dan  Pelatihan  Gajah  Mada  yang  mampu  
bertahan dari Tahun 1980 sampai 2011. Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada 
ini  telah  banyak  menghasilkan  lulusan  yang  mempunyai  bekal  berupa  keterampilan 
mengoperasikan komputer  yang dapat mereka manfaatkan di dunia kerja. Kelebihan 
kursus  inilah  yang  menjadi  tujuan  bagi  peneliti  untuk  mengetahui  ada  tidaknya 
Eksistensi  Peran  Pendidikan  Luar  Sekolah  melalui  kursus  komputer  di  Lembaga 
Kursus dan Pelatihan Gajah Mada Tahun Pelajaran 2010/2011.  
Daerah  penelitian  yang  digunakan  adalah  di  Lembaga  Kursus  dan  Pelatihan 
Gajah Mada Jl. Gajah Mada No 1 Jember Propinsi Jawa Timur berdasarkan metode 
purposive.  Informan  kunci  adalah  10  peserta  kursus  komputer  di  Lembaga  Kursus 
dan  Pelatihan  Gajah  Mada  yang  telah  memenuhi  kriteria  dengan  menggunakan 
metode purposive sampling berdasarkan kriteria, sedangkan informan pendukungnya 
adalah  penyelenggara  dan  tutor.  Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  survei  dan jenis  penelitiannya  adalah  penelitian  non  eksperimental.  Metode  pengumpulan  data 
yang  digunakan  adalah  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Analisis  data  yang 
digunakan  melalui  tiga  alur  yaitu  reduksi  data,  mengkaji  data,  dan  penarikan 
kesimpulan.  
Hasil  penelitian  yang  diperoleh  adalah  ada  eksistensi  peran  pendidikan  luar 
sekolah    pada  10  peserta  kursus  komputer  di  Lembaga  Kursus  dan  Pelatihan  Gajah 
Mada Jember. Peran pendidikan luar sekolah meliputi peran pendidikan luar sekolah 
sebagai  penambah  (suplemen),  pendidikan  luar  sekolah  sebagai  pelengkap 
(komplemen) dan peran pendidikan luar sekolah  sebagai pengganti (subtitusi). Akan 
tetapi  peneliti  membatasi  penelitiannya  yaitu  peran  pendidikan  luar  sekolah  sebagai 
penambah (suplemen), dan pendidikan luar sekolah sebagai pelengkap (komplemen). 
Sehingga  dapat  disimpulkan  bahwa  ada  eksistensi  peran  pendidikan  luar  sekolah  di 
dalam kursus komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada Jember Tahun 
Pelajaran  2010/1011.  Saran  yang  dapat  diberikan  kepada  peserta  kursus  hendaknya 
lebih mengefektifkan waktu proses pembelajaran agar mendapatkan pengetahuan dan 
keterampilan  yang  sangat  baik  dan  dapat  digunakan  dalam  hal  pekerjaan.  Kepada 
Lembaga  Kursus  dan  Pelatihan  Gajah  Mada,  hendaknya  lebih  giat  lagi  untuk 
mempromosikan  program-program  kursus  yang  ada  dan  menambah  program  kursus 
sesuai  tuntutan  zaman  agar  para  masyarakat  dapat  mengetahui  keunggulan  yang 
dimiliki lembaga kursus dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kepada tutor 
Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada agar dapat mencari strategi pembelajaran 
yang  inovatif  agar  peserta  kursus  mampu  untuk  aktif  bertanya  pada  proses 
pembelajaran.  Kepada  peneliti  lain  khususnya  Program  Pendidikan  Luar  Sekolah 
(PLS)  hendaknya  dapat  menyelenggarakan  atau  mengembangkan  berbagai  macam 
program pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat luas dan menggali potensi yang 
dimiliki. | en_US |