Show simple item record

dc.contributor.authorNi Putu Lestari
dc.date.accessioned2014-01-16T04:14:40Z
dc.date.available2014-01-16T04:14:40Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM040210102086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15126
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi, hasil post test siswa sebelum tindakan menunjukkan bahwa pengetahuan fisika siswa sangat rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar fisika menggunakan Model Kooperatif dengan Peer Tutoring pada siswa kelas X-G SMA Negeri 2 Tanggul. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar fisika menggunakan Model Kooperatif dengan Peer Tutoring pada siswa kelas X-G SMA Negeri 2 Tanggul. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan Penelitian Tindakan Kelas melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa kelas X-G SMA Negeri 2 Tanggul. Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Peer Tutoring memberikan suasana belajar yang menyenangkan tanpa mengendurkan tingkat konsentrasi siswa. Selain itu, model tersebut juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya tangkap siswa terhadap materi pelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik statistik deskriptif. Untuk menentukan peningkatan aktivitas belajar digunakanTeknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik statistik deskriptif. Untuk menentukan peningkatan aktivitas belajar digunakan rumus: Hasil penelitian menunjukan bahwa pada proses pembelajaran antara pertemuan ke 1-2 (pra siklus) dan pertemuan ke 3-4 (siklus 1) dari lima indikator aktivitas belajar yang diteliti diantaranya memperhatikan penjelasan, bertanya, mengerjakan LKS, bekerja kelompok dan persentasi terjadi peningkatan aktivitas belajar dengan NG sebesar 0,61 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data pertemuan ke 1-2 (pra siklus) dan pertemuan ke 3-4 (siklus 1) diperoleh 14 orang siswa (35%) dalam kategori tinggi, 21 orang siswa (52,5%) dalam kategori sedang dan 5 orang siswa (12,5%) dalam kategori rendah. Selain peningkatan aktivitas belajar dalam penelitian ini juga terjadi peningkatan hasil belajar dengan NG sebesar 0,72 yang termasuk pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data pertemuan ke 1-2 (pra siklus) dan pertemuan ke 3-4 (siklus 1) 21 orang siswa diperoleh (52,5%) dalam kategori tinggi, 21 orang siswa (42,5%) dalam kategori sedang dan 2 orang siswa (5%) dalam kategori rendah Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa, Model Kooperatif dengan Peer Tutoring dalam pembelajaran fisika membuat siswa lebih nyaman dalam menerima pelajaran dan tidak ada rasa takut serta malu untuk bertanya apabila ada kesulitan. Selain itu siswa juga menjadi lebih bersemangat dalam belajar fisika karena mereka dapat bekerjasama dan menjadi tutor bagi teman-temannya, baik secara kelompok maupun individu. Hal yang sama juga disampaikan oleh guru bidang studi fisika, bahwa pembelajaran menggunakan Model Kooperatif dengan Peer Tutoring, dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran fisika sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka siklus penelitian dihentikan, karena sudah memenuhi target sebelumnya, yaitu peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan NG ≥ 0,3. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Peer Tutoring dapat meningkatkan aktivitas belajar dari rendah menjadi sedang dan meningkatkan hasil belajar fisika dari rendah menjadi tinggi siswa kelas X-G SMA Negeri 2 Tanggul.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210102086;
dc.subjectPenggunaan Model Kooperatif Dengan Peer Tutoringen_US
dc.titlePENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF DENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X-G SMA NEGERI 2 TANGGULen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record