Show simple item record

dc.contributor.authorDesi Faria Sandy
dc.date.accessioned2014-01-16T04:13:02Z
dc.date.available2014-01-16T04:13:02Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM020210103123
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15123
dc.description.abstractSocial skill atau kecakapan sosial mencakup antara lain kecakapan komunikasi dan kecakapan bekerjasama. Social skill merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Oleh sebab itu, siswa butuh pengalaman belajar dan partisipasi aktif dalam kelompok kecil yang membantu belajar keterampilan sosial yang penting. Sementara itu, secara bersama mengembangkan sikap demokratis dan berfikir logis. Pembelajaran kooperatif model TGT merupakan salah satu model pembelajaran dimana siswa setelah belajar kelompok diadakan turnamen akademik, siswa akan berkompetisi sebagai wakil dari kelompoknya dengan anggota dari kelompok lain. Pembelajaran model TGT akan menumbuhkan kerja sama dan tanggung jawab siswa pada kelompoknya karena siswa bertanggung jawab atas keberhasilan kelompoknya dalam turnamen. Pembelajaran model TGT membutuhkan waktu yang relatif banyak sehingga waktu pelaksanaannya harus diperhitungkan. Pada saat pelaksanaan turnamen akademik siswa harus memahami materi yang ingin disampaikan melalui pertanyaan kemudian mengerjakan soal dengan keterbatasan waktu yang tersedia. Untuk lebih memahami materi yang ingin disampaikan dengan cepat, guru perlu menggunakan media. Salah satu media yang dapat membuat siswa lebih memahami materi yang disampaikan adalah media kokami. Melalui media kokami siswa lebih memahami materi karena pada kartu pesan selain berisi pertanyaan tentang materi yang disampaikan. Kartu juga disertai gambar, waktu pengerjaan dan skor sebagai petunjuk informasi bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui seberapa besar efektivitas TGT dengan media kokami terhadap social skill siswa dan untuk mengetahui ketuntasan belajar dan social skill siswa dengan menggunakan pembelajaran model TGT dengan media kokami. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Jember dan responden penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Jember semester ganjil tahun ajaran 2006/2007. Responden penelitian ditentukan dengan uji homogenitas ANAVA dengan taraf signifikansi 5% dan undian pada kelas homogen. Berdasarkan hasil undian diperoleh VIII E sebagai kelas eksperimen (kelas yang diajar dengan TGT menggunakan media kokami ) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol (kelas yang diajar dengan pembelajaran konvensional). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan test. Analisis efektivitas relatif melalui model TGT dengan media kokami dibandingkan kelas pembelajaran konvensional terhadap social skill siswa sebesar 8,25%, aspek kognitif sebesar 8,51%, aspek afektif sebesar 8,57% dan aspek psikomotor sebesar 5,26%. Sedangkan analisis ketuntasan belajar dan social skill siswa melalui model TGT dengan menggunakan media kokami untuk aspek kognitif sebesar 76,9%, aspek afektif sebesar 92,8%, aspek psikomotor sebesar 90,4% dan aspek social skill sebesar 90,5% dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yaitu untuk aspek kognitif sebesar 57,8%, aspek afektif sebesar 85%, aspek psikomotor sebesar 82,5% dan aspek social skill sebesar 75%. Hal ini berarti bahwa pembelajaran model TGT dengan media kokami lebih efektif dalam meningkatkan ketuntasan belajar dan social skill siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210103123;
dc.subjectEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT)en_US
dc.titleEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA KOKAMI TERHADAP SOCIAL SKILL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record