Show simple item record

dc.contributor.authorIka Puspitasari
dc.date.accessioned2014-01-16T03:43:24Z
dc.date.available2014-01-16T03:43:24Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM080210204143
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15066
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran di SDN Kencong 07 Jember kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena guru dalam mengajar atau menyampaikan materi hanya menggunakan metode ceramah, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata dilingkungan siswa, kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dan selanjutnya siswa hanya diberi tugas. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, peneliti merumuskan rumusan masalah sebagai berikut: bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tema pekerjaan dengan menggunakan metode bermain peran di kelas III SDN Kencong 07 Tahun Pelajaran 2011/2012?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tema pekerjaan dengan menggunakan metode bermain peran di kelas III SDN Kencong 07 Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 29 Agustus 2011 sampai dengan 10 Maret 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas kelas III SDN Kencong 07 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 48% dalam kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus 2 sebesar 60,33% dalam kategori aktif. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64,17% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 63,33%. Pada siklus II, hasil belajar siswa mencapai 73%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,33% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Kencong 07 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada tema pekerjaan. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 12,33%, sedangkan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 8,83% dan ketuntasannya sebesar 30%. Oleh karena itu penelitian di SDN Kencong 07 Jember tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204143;
dc.subjectMetode Bermain Peranen_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS dengan Tema Pekerjaan melalui Metode Bermain Peran di Kelas III SDN Kencong 07 Tahun Pelajaran 2011/2012,en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record