Show simple item record

dc.contributor.authorIzzatun Haniyah, Mirisa
dc.date.accessioned2013-10-31T02:31:09Z
dc.date.available2013-10-31T02:31:09Z
dc.date.issued2013-10-31
dc.identifier.nimNIM060210102378
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1491
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas XI-TPHP SMK Perikanan dan Kelautan Puger tahun pelajaran 2011-2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah skor aktivitas guru dan skor aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan skor hasil belajar pada pra-siklus, siklus 1, siklus 2, serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Aktivitas belajar fisika siswa dengan model cooperative learning tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan LKS inkuiri mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 13,59% yang termasuk dalam kriteria sangat kurang aktif. Pada siklus 1 aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 73,42% yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus 2 aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 82,14% yang termasuk dalam kriteria sangat aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada model cooperative learning tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan LKS inkuiri diikuti peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 50%. Pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 76,67%. Pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 93,33%. Dari hasil di atas menunjukkan model cooperative learning tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan LKS inkuiri dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif belajar dan lebih memahami konsep.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102378;
dc.subjectMeningkatkan Aktivitas Belajar dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika, Model Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Heads Together), LKS Inkuirien_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN LKS INKUIRI PADA SISWA KELAS XI-TPHP SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN PUGERen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record