dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sehingga subyek
penelitian sudah ditetapkan di kelas XI-TPHP SMK Perikanan dan Kelautan
Puger tahun pelajaran 2011-2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah
skor aktivitas guru dan skor aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran
berlangsung dan skor hasil belajar pada pra-siklus, siklus 1, siklus 2, serta hasil
wawancara dengan guru bidang studi dan siswa.
Aktivitas belajar fisika siswa dengan model cooperative learning tipe
NHT (Numbered Heads Together) dengan LKS inkuiri mengalami peningkatan
dari pra-siklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus aktivitas belajar fisika
siswa secara klasikal sebesar 13,59% yang termasuk dalam kriteria sangat kurang
aktif. Pada siklus 1 aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 73,42%
yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus 2 aktivitas belajar fisika siswa
secara klasikal sebesar 82,14% yang termasuk dalam kriteria sangat aktif.
Peningkatan aktivitas belajar siswa pada model cooperative learning tipe
NHT (Numbered Heads Together) dengan LKS inkuiri diikuti peningkatan
ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada pra
siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 50%. Pada siklus 1 ketuntasan hasil
belajar siswa sebesar 76,67%. Pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar siswa sebesar
93,33%. Dari hasil di atas menunjukkan model cooperative learning tipe NHT
(Numbered Heads Together) dengan LKS inkuiri dapat digunakan sebagai
alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif belajar dan lebih
memahami konsep. | en_US |