Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Nurkiyawati
dc.date.accessioned2014-01-16T01:53:29Z
dc.date.available2014-01-16T01:53:29Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM050210191011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14914
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan, pada umumnya kondisi siswa pada saat kegiatan pembelajaran masih takut dan malu untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat, selain itu siswa juga masih malas dalam mengerjakan tugas. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan adanya bimbingan atau motivasi dari guru agar siswa lebih berani untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat, sehingga kondisi pembelajaran di kelas bukan guru saja yang aktif tetapi siswa juga aktif. Guru juga harus memantau jalannya pembelajaran di kelas dan menanyakan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang dapat membantu siswa lebih berani bertanya, mengeluarkan pendapat, dan siswa dapat lebih aktif. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian melalui Penerapan Strategi Buzz Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar. subjek penelitian adalah semua siswa kelas VIII B MTs Al Absani Sumber Ketempa Kalisat. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, Dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis kegiatan observasi selama pembelajaran pertama untuk setiap indikator persentasenya sebagai berikut : memperhatikan penjelasan guru 75,00%, keaktifan diskusi 72,92%, keaktifan mengeluarkan pendapat dalamm kelompok dan presentasi 59,38%, mengerjakan soal 76,04%, dan presentasi 44,79%. Dan pembelajaran kedua untuk setiap indikator persentasenya sebagai berikut : memperhatikan penjelasan guru 79,17%, keaktifan diskusi 75,00%, keaktifan mengeluarkan pendapat dalamm kelompok dan presentasi 66,67%, mengerjakan soal 76,04%, dan presentasi 46,88%. Pembelajaran pertama dan kedua mengalami peningkatan. Untuk pembelajaran ketiga untuk setiap indikator persentasenya sebagai berikut : memperhatikan penjelasan guru 81,79%, keaktifan diskusi 77,08%, keaktifan mengeluarkan pendapat dalamm kelompok dan presentasi 66,07%, mengerjakan soal 77,08%, dan presentasi 44,79%. Dan pembelajaran keempat untuk setiap indikator persentasenya sebagai berikut : memperhatikan penjelasan guru 82,25%, keaktifan diskusi 78,13%, keaktifan mengeluarkan pendapat dalamm kelompok dan presentasi 71,88%, mengerjakan soal 78,13%, dan presentasi 47,92%. Dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus pertama dan kedua terjaadi peningkatan. Pada tes I ketuntasan klasikal sebesar 62,50% dengan jumlah siswa tidak tuntas sebanyak 12 siswa, sehingga pada siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Hal ini berada dibawah standar ketuntasan klasikal yang ditetapkan sekolah yaitu %75 ≥ . Pada tes II persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 87,50% dengan jumlah siswa tidak tuntas sebanyak 4 siswa. Dilihat dari persentase ketuntasan, maka pada siklus II siswa sudah dikatakan tuntas secara klasikal. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa keberhasilan dalam penerapan strategi buzz group ternyata bukan semata-mata diperoleh dari guru, melainkan didukung juga dengan kerjasama yang baik diantara anggota kelompok. Penerapan strategi buzz group pada matematika terbukti membuat siswa senang, semangat, aktif dan mampu meningkatkan keterampilan sosial siswa selama pembelajaran. Meningkatnya aktivitas siswa selama pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Aktivitas siswa yang tinggi selama pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mampu membuat pembelajaran matematika tersebut lebih aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210191011;
dc.subjectStrategi Buzz Group, Meningkatkan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePenerapan Strategi Buzz Group Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar Pada Siswa Kelas VIII B MTs Al Absani Sumber Ketempa Kalisat Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record