dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan aktivitas belajar
Fisika siswa menggunakan Model Pembelajaran Open Ended dengan Pendekatan
Active Learning dalam pembelajaran Fisika di SMA, (2) Untuk mengkaji
pengaruh penerapan model pembelajaran Open Ended dengan pendekatan Active
Learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada pembelajaran Fisika di SMA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian
ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanggul. Responden penelitian ditentukan setelah
dilakukan uji homogenitas pada kelas XI IPA. Penentuan sampel penelitian
dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control
group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan persentase
aktivitas dan frekuensi siswa untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan
menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang kedua.
Pengaruh model pembelajaran Open Ended dengan pendekatan Active
Learning dapat diketahui dengan melihat nilai rata-rata post tes kelas eksperimen
dibandingkan dengan nilai rata-rata post tes kelas kontrol. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui bahwa berarti nilai rata-rata post test kelas
eksperimen lebih besar daripada nilai rata-rata post tes kelas kontrol. Selain itu,
pengaruh model ini dapat diketahui dengan melakukan analisis data menggunakan
uji untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa diperoleh nilai
dan nilai = 1,994 sehingga , maka hipotesis nihil
ditolak dan hipotesis kerja diterima berarti ada perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar fisika kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran
Open Ended dengan pendekatan Active Learning dengan model pembelajaran
konvensional di SMA.
Perbedaan hasil belajar karena adanya percobaan sederhana yang dilakukan
siswa untuk membangun konsep fisika sehingga pembelajaran lebih bermakna dan
siswa lebih banyak berlatih menyelesaikan soal open ended. Hasil analisis
persentase aktivitas belajar siswa diperoleh sebesar 53,95% dan dapat
dikategorikan sedang karena pada indikator aktivitas siswa bertanya, menjawab
pertanyaan, menarik kesimpulan masih rendah. Hal ini dikarenakan siswa belum
terbiasa, malu bertanya dan kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian
ini adalah: (1) aktivitas belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tanggul
tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan
model pembelajaran Open Ended dengan pendekatan Active Learning termasuk
dalam kategori sedang, (2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Open
Ended dengan pendekatan Active Learning terhadap hasil belajar fisika siswa. | en_US |