dc.description.abstract | Perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah menciptakan sistem
informasi manajemen sebagai sistem yang terintegrasi ditopang oleh komputer yang
menghasilkan informasi yang mendukung proses pengambilan keputusan. Kemajuan
teknologi komunikasi sekarang mempunyai pengaruh pada perkembangan
pengolahan data. Data dari satu tempat dapat dikirim ke tempat lain dengan alat
telekomunikasi. Sistem informasi sekarang memanfaatkan alat telekomunikasi untuk
membentuk suatu network (jaringan) kerja komputer. Sebagai perusahaan yang
menyelenggarakan network dan jasa telekomunikasi, PT. Telkom memiliki
keunggulan kompetitif di kedua sektor tersebut. Sesuai dengan visi dan misi PT.
Telkom, Tbk Kandatel Jember yang salah satunya adalah mampu menjadi Leader
Network Provider di Regional Jawa Timur, maka dilakukan berbagai upaya untuk
memaksimalkan pelayanan network kepada user. Untuk memudahkan pencapaian itu
semua maka diperlukan sarana yang dapat membantu dalam melayani user. Disini
digunakan NMS (Network Management System) yang dibangun dengan bantuan
software WhatUp Gold. Dengan adanya NMS ini diharapkan pelayanan terhadap user
berkaitan dengan network benar-benar dapat dimaksimalkan. Tujuan dari penelitian
ini adalah ingin mengetahui Implementasi Sistem Informasi Manajemen untuk
Pengambilan Keputusan Layanan Network Teknologi Informasi di PT. Telkom, Tbk
Kandatel Jember.
Penelitian ini dilakukan di PT. Telkom, Tbk Kandatel Jember pada Bulan
Februari sampai Mei 2006. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif
dengan menggunakan analisis taksonomis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa usaha PT. Telkom, Tbk
Kandatel Jember untuk menjaga keandalan dan performansi network teknologi
informasi, maka telah dibangun suatu Sistem Informasi Manajemen untuk mengelola
network teknologi informasi yang disebut dengan NMS (Network Management
System) dengan bantuan software WhatUp Gold. NMS ini dapat membantu untuk
menentukan kebijakan yang akan dilakukan dalam memecahkan masalah yang terjadi
pada layanan network teknologi informasi.
Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah PT.
Telkom, Tbk Kandatel Jember dalam rangka menghadapi persaingan yang cukup
ketat dan kemajuan teknologi telah menerapkan sistem informasi manajemen sebagai
sarana dalam proses operasionalnya. Sistem informasi tersebut, telah banyak
membantu pihak manajemen PT. Telkom, Tbk Kandatel Jember dalam pengambilan
keputusan layanan network teknologi informasi. | en_US |