dc.description.abstract | Pendidikan merupakan suatu hal yang mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap
umat manusia untuk menghadapi kerasnya hidup dan beratnya tantangan di masa
yang akan datang. Salah satu satu cara yang ditempuh adalah dengan memajukan
dunia pendidikan nasional, melalui peningkatan mutu dan kualitas pendidikan serta
memperluas akses pendidikan untuk masyarakat.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah bidang studi yang mempelajari,
menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau
dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kesilir 02 Wuluhan Kabupaten Jember
Tahun Pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Kondisi yang
terjadi pada siswa kelas IV bahwasannya siswa kurang menguasai materi dari konsep
IPS yang diajarkan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Ketika proses
pembelajaran IPS sedang berlangsung masih banyak siswa yang enggan untuk
mengikuti pelajaran. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa siswa yang berbicara
sendiri, mondar-mandir, banyak siswa yang bermain sendiri dengan teman
sebangkunya, dan enggan mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Cara
yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan model
pembelajaran yang menyenangkan yaitu model course review horay. Model course
review horay merupakan suatu model pembelajaran dengan pengujian pemahaman
menggunakan kotak yang diisi dengan nomor untuk menuliskan jawabannya, yang
paling dulu mendapatkan tanda benar secara vertikal, horisontal, atau diagonal
langsung berteriak horay (hore). Penggunaan model course review horay ini sengaja peneliti pilih karena ingin menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan
menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut
diwajibkan berteriak’hore!’ atau yel-yel lainnya yang disukai.
Rumusan masalah yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah : (1)
bagaimanakah penggunaan model course review horay dapat meningkatkan motivasi
belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IV SDN
Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan?, (2) bagaimanakah penggunaan model course review
horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan
Teknologi pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan?
Tujuan penelitian yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah : (1)
meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model course review horay
pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan, (2) meningkatkan hasil
belajar siswa dengan menerapkan model course review horay pada siswa kelas IV
SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1)
penggunaan model course review horay dapat meningkatkan motivasi belajar IPS
pokok bahasan perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02
Wuluhan tahun pelajaran 2010-2011, yaitu skor rata-rata yang diperoleh sebelum
adanya tindakan sebesar 38,26%, siklus I sebesar 53,64%, siklus II sebesar 60,22%.
(2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan
klasikal sebelum tindakan dan pelaksanaan siklus. Sebelum tindakan ketuntasan
klasikal sebesar 30,43%, siklus I sebesar 56,52%, siklus II sebesar 78,26%.
Saran-saran yang dapat diberikan adalah : (1) diharapkan guru dapat
menggunakan model course review horay sebagai alternatif dalam proses
pembelajaran, (2) bagi siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu
bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami materi, (3) penelitian ini bisa
memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan
mutu pendidikan terutama di SDN Kesilir 02 Wuluhan khususnya, (4) penelitian ini
dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis menggunakan
model course review horay. | en_US |