Show simple item record

dc.contributor.authorPutut Ari Prasetiyo
dc.date.accessioned2013-10-29T02:36:04Z
dc.date.available2013-10-29T02:36:04Z
dc.date.issued2013-10-29
dc.identifier.nimNIM080210204253
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1432
dc.description.abstractMotivasi belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah metode mengajar guru yang kurang membangkitkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui metode diskusi kelompok. Penelitian ini dilakukan di SDN Bagon 01 kecamatan puger. Penentuan subyek menggunakan metode populasi, yaitu di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas V dan guru kelas V, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru kelas V berupa data hasil wawancara. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Kemmis dan Mc Taggrat (dalam Arikunto, 2006: 97), dengan tahap penelitian yang meliputi perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan melakukan refleksi (reflekstion). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan anallisis data kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 2,547 dengan kriteria rendah, sedangkan prestasi belajar siswa menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 36,36%. Pada siklus 1, motivasi belajar siswa meningkat menjadi 3,154 dengan kriteria sedang, dan prestasi belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 63,63%. Pada siklus 2, motivasi dan prestasi belajar siswa semakin meningkat dengan skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 3,809 dengan kriteria tinggi. Peningkatan tersebut searah dengan peningkatan pretasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 81,81%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Bagon 01 kecamatan Puger tahun pelajaran 2011/2012. Dan saran yang dapat diberikan dari hasil kesimpulan diatas adalah bagi siswa, hendaknya siswa mampu menerapkan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran yang berlangsung disekolah untuk pokok bahasan yang sesuai dengan karakteristik metode diskusi kelompok dan juga mampu bersosialisasi dalam kegiatan pembelajarannya. Bagi guru, berdasarkan hasil penelitian pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok diharapkan guru mampu menerapkan dan mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran diskusi kelompok bidang studi IPS maupun bidang studi yang lain sebagai upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan hingga pada akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi kemajuan siswa dan dunia pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204253;
dc.subjectMETODE DISKUSI KELOMPOKen_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK DI SDN BAGON 01 PUGER JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record