• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN SUMBERPAKEM 2 BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Mulya F. Hasanah_001.pdf (1.446Mb)
    Date
    2013-10-29
    Author
    MULYA FAIDATUL HASANAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menulis adalah suatu kegiatan penyampaian pesan kepada orang lain dengan menggunakan simbol-simbol bahasa secara tertulis sehingga pesan yang disampaikan oleh penulis dapat dipahami oleh pembaca. Manfaat yang dapat dipetik dari menulis antara lain untuk peningkatan kecerdasan, peningkatan daya inisiatif dan kreativitas, dan pendorong kemauan serta kemampuan mengumpulkan informasi. Pembelajaran menulis karangan deskripsi selain membantu meningkatkan kecerdasan, daya inisiatif dan kreativitas, juga dapat mendorong kemauan serta kemampuan mengumpulkan informasi. Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso, diketahui bahwa aktivitas dan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi masih rendah. Aktivitas belajar siswa dikatakan rendah karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa dikatakan masih rendah dikarenakan antara lain:1) mayoritas karangan deskripsi yang dibuat oleh siswa tidak memiliki judul yang tepat, 2) isi karangan seolah-olah merupakan karangan narasi, 3) dalam menggambarkan sebuah objek, siswa kurang memberikan informasi yang jelas kepada pembaca. Aktivitas dan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa dapat ditingkatkan jika digunakan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Pemilihan sumber belajar lingkungan dalam menulis karangan deskripsi memiliki alasan yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati objek secara langsung, menumbuhkan rasa senang ketika proses menulis, dan mendorong siswa untuk berinteraksi dengan siswa yang lain dalam proses identifikasi objek. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimanakah proses peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan sumber belajar lingkungan pada siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso?, 2) bagaimanakah aktivitas belajar siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso pada kegiatan menulis karangan deskripsi ketika menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar?, dan 3) bagaimanakah kemampuan siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso dalam menulis karangan deskripsi setelah menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan sumber belajar lingkungan pada siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso, 2) meningkatkan aktivitas siswa pada kegiatan menulis karangan deskripsi ketika menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar pada siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso, 3) meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi setelah menggunakan sumber belajar lingkungan pada siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu berdasarkan analisis terhadap aktivitas siswa, diketahui bahwa pada siklus I persentase aktivitas klasikal mencapai 70% dengan kategori sangat aktif dan aktif, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas klasikal mencapai 90% dengan kategori sangat aktif dan aktif. Selain itu, kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi juga mengalami peningkatan yaitu karangan siswa sebagian besar sudah memiliki judul yang tepat dan karangan yang dihasilkan telah mencerminkan karangan deskripsi yang memberikan informasi secara jelas kepada pembaca. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65% dengan rata-rata nilai 64, sedangkan pada siklus II persentase hasil belajar siswa sebesar 85% dengan rata-rata nilai 71,3. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian ini yaitu sumber belajar lingkungan dapat dijadikan sebagai alternatif sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1427
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository