Show simple item record

dc.contributor.authorLely Istighfarin
dc.date.accessioned2013-10-25T06:20:46Z
dc.date.available2013-10-25T06:20:46Z
dc.date.issued2013-10-25
dc.identifier.nimNIM070210204134
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1416
dc.description.abstractKeterampilan menulis mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan menulis, seseorang dapat mengungkapkan pikiran dan gagasan untuk mencapai maksud dan tujuan. Salah satu jenis tulisan atau karangan adalah narasi. Menulis karangan narasi dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam menyusun gagasan dengan baik dalam bentuk tulisan. Hasil observasi awal di lapangan, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengarang. Pertama, siwa kurang mampu menggunakan dan memilih kata dalam menuangkan ide serta terdapat kata8kata yang sering diulang. Kedua, kalimat yang satu dengan kalimat yang lain tidak sinambung. Selain itu, diperoleh data bahwa kemampuan menulis siswa tergolong rendah. Hal ini terbukti dari perolehan nilai siswa pada kemampuan menulis diketahui, 61% atau sebanyak 19 siswa dari 31 siswa belum mencapai nilai 70 yang merupakan ketuntatasan minimal yang ditetapkan oleh SD Jambekumbu 03 Lumajang. Faktor8faktor penyebab rendahnya kemampuan menulis narasi siswa, pertama, saat pembelajaran berlangsung, guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa ada kolaborasi dengan metode lain. Kedua, guru tidak pernah menggunakan media pembelajaran. Ketiga, siswa kurang aktif bertanya apabila ada materi yang kurang dimengerti. Keempat, guru hanya memberikan materi berdasarkan buku teks. Jika kegiatan menulis hanya berpatok pada buku teks saja, maka siswa akan kesulitan menemukan ide atau gagasan untuk dikembangkan menjadi tulisan. Untuk mengatasi permasalahan di atas, diperlukan gabungan model dan media pembelajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Quantum Writer yang merupakan model menulis dengan menggunakan empat langkah sistem PAK! Pusatkan Pikiran, Atur, Karang, Hebat! Keunggulan Quantum Writer adalah mudah untuk diterapkan, memberikan langkah8langkah yang menyenangkan serta dapat memberikan hasil yang memuaskan. Salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan model Quantum Writer adalah media gambar berseri. Fungsi gambar berseri adalah menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna gambar berseri yang ditampilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran menulis narasi dengan menerapkan Quantum Writer berbantuan media gambar berseri serta mengetahui peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD Jambekumbu 03 Lumajang setelah penerapan Quantum Writer dengan berbantuan media gambar berseri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Writer berbantuan gambar berseri dalam pembelajaran menulis karangan narasi kelas IV SD Jambekumbu 03 Lumajang dapat mengatasi permaslahan awal siswa yang berkaitan dengan penggunaan kata dan kesinambungan antar kalimat. Hal ini dapat teratasi melalui penerapan gugus dilanjutkan peta pikiran, karang dan perbaikan tulisan. Selain itu, penggunaan gambar berseri dapat membantu siswa untuk membuat karangan yang runtut. Hasil belajar siswa dalam menulis narasi juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus siswa yang mengalami ketuntasan dalam pembelajaran menulis narasi sebanyak 12 siswa dari 31 siswa atau sebesar 39%. Pada siklus I siswa yang tuntas mengalami peningkatan yaitu sebanyak 22 siswa dari 31 siswa atau sebesar 70,96% dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa atau mencapai 90,3% sehingga pelaksanaan siklus II dianggap berhasil. Saran peneliti bagi guru dapat mengembangkan model Quantum Writer dengan media gambar berseri dalam pembelajaran menulis sebagai pertimbangan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Saran bagi peneliti di bidang pendidikan dapat melakukan inovasi dalam penerapan model dan media pembelajaran inovatif sehingga memunculkan model dan media pembelajaran yang baru, khususnya dalam pembelajaran menulis karangan narasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204134;
dc.subjectQUANTUM WRITERen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL QUANTUM WRITER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SD JAMBEKUMBU 03 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record