Show simple item record

dc.contributor.authorMohammad Abdul Wafi
dc.date.accessioned2014-01-13T07:28:52Z
dc.date.available2014-01-13T07:28:52Z
dc.date.issued2014-01-13
dc.identifier.nimNIM070210391148
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14169
dc.description.abstractPersoalan budaya dan karakter semakin memudar dikalangan para pelajar. Berbagai alternatif penyelesaian telah dan terus diupayakan seperti peraturan undangundang untuk meningkatkan pelaksanaan penegakan hukum yang lebih kuat. Alternative lain untuk mengatsi persoalan budaya dan karakter bangsa adalah pendidikan. Dalam dunia pendidikan pembelajaran berbasis karakter merupakan alternatif yang sangat tepat untuk memperbaiki suasana proses pendidikan nasional saat ini. Pembelajaran berbasis karakter adalah pembelajaran yang menanamkan karakter bagi siswa melalui pengembangan karakter secara progresif selama proses pembelajaran di kelas. diperoleh dari siswa kelas X SMA Negeri Balung Jember dan guru mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri Balung Jember, dan metode dokumentasi untuk mendapatkan hasil belajar siswa, absensi siswa, data lainnya yang dianggap penting dari SMA Negeri Balung Jember. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas. Untuk mengukur hubungan antara pembelajaran berbasis karakter dengan media komputer interaktif terhadap hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik: analisis regresi linier, analisis varian garis regresi, uji F, dan uji t. Hasil pengolahan data yang dibuktikan dengan menggunakan uji F dengan hasil F hitung (198,845) > F (3,982) dengan taraf signifikan α = 0,05 > 0,000. Secara parsial dengan uji t variabel pembelajaran berbasis karakter dengan penggunaan media komputer interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri Balung Jember semester gasal tahun ajaran 2011/2012 dengan t hitung tabel = 22,022 > t 1,993 dan α = 0,05 > sig = 0,000,. Koofesien determinasi (R square tabel ) yang berarti variabel pembelajaran berbasis karakter dengan media komputer interaktif memberikan proporsi sumbangan sebesar 87,4% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri Balung Jember tahun ajaran 2011/2012. Pembelajaran berbasis karakter dengan penggunaan media komputer interaktif yang dibagi menjadi dua indikator yaitu karakter kemandirian dan karakter kedisiplinan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri Balung Jember tahun ajaran 2011/2012. Hal itu dikarenakan pembelajaran berbasis karakter dengan media komputer interaktif, dengan indikator karakater kemandirian memberikan peranan bagi siswa untuk selalu percara akan kemampuannya sendiri, selalu berusaha semaksimal mungkin dalam menyelesaikan tugas-tugasnya tanpa tergantung kepada orang lain, dan berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri dalam menyelesaikan tugastugas dan dalam mengikuti proses pembelajaran. selain itu dengan indikator karakter kedisiplinan seorang siswa akan selalu patuh pada peraturan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210391148;
dc.subjectMEDIA KOMPUTER INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWen_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARANBERBASIS KARAKTER DENGAN PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri Balung Semester)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record