Show simple item record

dc.contributor.authorYunita Rahmawati
dc.date.accessioned2014-01-13T05:42:35Z
dc.date.available2014-01-13T05:42:35Z
dc.date.issued2014-01-13
dc.identifier.nimNIM080210204212
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14138
dc.description.abstractKondisi pengajaran IPA di kelas IV SDN Harjomulyo 01 Kecamatan Silo Kabupaten Jember sampai saat ini masih menunjukkan adanya peluang diadakannya suatu perbaikan pembelajaran IPA khususnya pada materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya dan hal tersebut dikarenakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah dengan metode ceramah dan siswanya disuruh mencatat apa yang telah guru catat, kadang-kadang dengan memberikan tugas mengerjakan LKS saja tanpa mengajak siswa untuk mengamati dan mencoba mempraktikan benda-benda yang ada di sekitarnya. Menurut hasil wawancara dengan siswa kelas IV, mereka mendapatkan pembelajaran IPA dari ceramah guru di kelas. Hal semacam ini yang menyebabkan belajar siswa kurang menjadi bermakna sehingga memunculkan anggapan bahwa mata pelajaran IPA menjadi kurang menarik. Selain itu siswa juga cenderung belajar yang terpaku pada buku paket yang ada tanpa harus memperoleh pengalaman secara langsung. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan strategi pembelajaran yang mengutamakan adanya kerja sama, yakni kerja sama antar siswa dalam kelompok belajar yang terdiri dari 4 atau 5 orang dari berbagai kemampuan , gender, dan etnis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan media gambar seri merupakan jenis gambar yang memiliki tahapan-tahapan cerita yang setiap tahapannya digambar pada kertas terpisah sehingga menggugah antusiasme siswa untuk tahu cerita selanjutnya serta memudahkan anak mencerna gambar karena keadaan gambar yang dilihat menyerupai cara bertutur. Strategi ini menjadikan siswa lebih kritis dalam menganalisa gambar, siswa siswa dalam kelompok kecil dapat saling berbagi ide-ide dan bekerja sama dengan mengurutkan gambar yang punya keterkaitan dengan gambar lain. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) apakah melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media gambar seri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Harjomulyo 01 Kecamatan Silo Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPA?, (2) apakah melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Harjomulyo 01 Kecamatan Silo Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPA?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media gambar seri di kelas IV SDN Harjomulyo 01 Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar kelas IV SDN Harjomulyo 01 Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media gambar seri. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV yang terdiri dari 25 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 29 Nopember 2010 sampai dengan 9 Desember 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Harjomulyo 01 Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian tes individu. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 49% dalam kategori kurang aktif sedangkan pada siklus II sebesar 70,50% dalam kategori aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 66,80 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 64%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 75, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Harjomulyo 01 Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media gambar seri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan persentase aktivitas sebesar 21,50% sedangkan hasil belajar sebesar 8,20 dan persentase ketuntasannya sebesar 28,00% sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204212;
dc.subjectHASIL BELAJAR IPAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA GAMBAR SERI (POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA) SISWA KELAS IV SDN HARJOMULYO 01 KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record