Show simple item record

dc.contributor.authorKRIESTIAN PRISMANA
dc.date.accessioned2013-10-25T02:11:08Z
dc.date.available2013-10-25T02:11:08Z
dc.date.issued2013-10-25
dc.identifier.nimNIM080210204287
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1412
dc.description.abstractAktivitas siswa yang kurang memperhatikan terhadap pelajaran IPA, mengakibatkan nilai mata pelajaran IPA juga rendah. Hal itu dapat dilihat dari hasil perolehan nilai yaitu 42,86 %, (sebanyak 18 siswa) dari 43 siswa mendapatkan nilai di bawah 65. Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut diterapkanlah metode eksperimen untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang ditetapkan dan untuk meningkatkan penguasaan materi pelajaran sehingga peserta didik dapat belajar bersama-sama dengan bimbingan dari guru dengan melakukan sendiri, mengikuti proses, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan, dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek, keadaan atau proses sesuatu dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan sehingga siswa menjadi aktif dalam pembelajaran (aktivitas siswa dapat mengalami peningkatan) disertai dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan metode eksperimen pada pelajaran IPA kelas V SDN Garahan 02 Kecamatan Silo Jember? (2) Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode eksperimen pada pelajaran IPA kelas V SDN Garahan 02 Kecamatan Silo Jember? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan metode eksperimen pada pelajaran IPA kelas V SDN Garahan 02 Kecamatan Silo Jember. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode eksperimen pada pelajaran IPA kelas V SDN Garahan 02 Kecamatan Silo Jember. Penelitian ini dilakukan di SDN Garahan 02 Kelas V yang berjumlah 43 siswa. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, dengan menggunakan empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan menggunakan analisis data. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan beberapa cara yaitu melalui wawancara, observasi, tes dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Garahan 02 pada mata pelajaran IPA. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang aktif dari 13 siswa (30,23%) dan siswa yang sangat aktif hanya 1 siswa (2,32%) pada siklus I menjadi 14 siswa (32,55%) dan 7 siswa terlihat sangat aktif (16,27%) pada siklus II. (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal pada pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I dari 43 siswa terdapat 25 siswa yang tuntas dengan persentase 58,13% dan pada siklus II dari 25 siswa yang tuntas meningkat menjadi 29 siswa dengan persentase 67,44%. Saran untuk peneliti, (1) bila penerapan metode ekperimen diterapkan dalam pembelajaran IPA, maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang akan disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik, (2) bagi guru, metode pembelajaran eksperimen dapat diterapkan pada pembelajaran IPA agar siswa lebih mudah dalam memahami konsep- konsep IPA, (3) untuk peneliti lain disarankan agar mengadopsi metode eksperimen ini pada pokok bahasan IPA yang berbeda ataupun pada jenjang pendidikan yang lain sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204287;
dc.subjectMETODE EKSPERIMENen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN GARAHAN 02 KECAMATAN SILO TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record