| dc.description.abstract | Permasalahan  yang muncul di SDN Jenggawah  05  yaitu  rendahnya aktivitas 
dan  hasil  belajar  siswa  kelas  IV  pada  mata  pelajaran  IPA  yang  disebabkan  oleh 
beberapa  faktor  antara  lain:  (1)  pembelajaran  hanya  didominasi  oleh  siswa  yang 
berprestasi,  (2)  kurangnya  respon  siswa  terhadap  proses  belajar  mengajar,  (3) 
kurangnya  variasi  metode  yang  digunakan  untuk  penyampaian  materi.  Salah  satu 
cara  untuk  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  IPA  yaitu  dengan  menerapkan 
model  Learning  Cycle  dalam  pembelajaran  IPA.  Model  Learning  Cycle  merupakan 
model  pembelajaran  yang  terdiri  dari  rangkaian  tahap-tahap  kegiatan  (fase)  yang 
disususn  sedemikian  rupa  sehingga  siswa  dapat  menguasai  kompetensi-kompetensi 
yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif. 
Rumusan  masalah  dari  penelitian  ini  adalah:  (1)  Bagaimanakah  peningkatan 
aktivitas belajar IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya melalui 
Learning Cycle pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 Jember?, (2) Bagaimanakah 
peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya 
melalui  Learning  Cycle  pada  siswa  kelas  IV  SDN  Jenggawah  05  Jember?. 
Sedangkan  Tujuan  penelitian  ini  adalah:  (1)  Untuk  meningkatkan  aktivitas  belajar 
siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Bagian-
bagian  Tumbuhan  dan  Fungsinya  melalui  Learning  Cycle,  (2)  Untuk  meningkatkan 
hasil  belajar  IPA  pokok  bahasan  Bagian-bagian  Tumbuhan  dan  Fungsinya  pada 
siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 melalui Learning Cycle. Penelitian ini  merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)  yang  dilaksanakan 
di  SDN  Jenggawah  05  Jember  Tahun  Pelajaran  2011/2012  dengan  jumlah  siswa 
sebanyak  26  siswa  yang  terdiri  dari  10  orang  siswa  laki-laki  dan  16  orang  siswa 
perempuan.  Metode  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  observasi, 
dokumentasi,  wawancara,  dan  tes.  Data  yang  telah  terkumpul  dianalisis  dengan 
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang dianalisis adalah aktivitas 
dan hasil belajar siswa selama pembelajaran. 
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  sebagai  berikut  :  (1) 
penggunaan  Learning  Cycle  dapat  meningkatkan  aktivitas  belajar  IPA  pokok 
bahasan  bagian-bagian  tumbuhan  dan  fungsinya  pada  siswa  kelas  IV  SDN 
Jenggawah 05 Jember tahun pelajaran 2011/2012, yaitu skor rata-rata yang diperoleh 
sebelum adanya tindakan sebesar 38,46%, siklus I sebesar 59,40%, siklus II sebesar 
70,94%,  (2)  hasil  belajar  siswa  juga  mengalami  peningkatan,  hal  ini  dapat  dilihat 
pada ketuntasan klasikal sebelum tindakan dan pelaksanaan siklus. Sebelum tindakan 
ketuntasan klasikal sebesar  50%, siklus  I sebesar  73,08%, siklus  II sebesar  84,62%. 
Saran-saran yang dapat diberikan adalah diharapkan guru dapat menggunakan model 
Learning  Cycle  sebagai  alternatif  dalam  proses  pembelajaran  sehingga  dapat 
mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan. | en_US |