Show simple item record

dc.contributor.authorIndah Sulistiyani
dc.date.accessioned2013-10-25T02:00:56Z
dc.date.available2013-10-25T02:00:56Z
dc.date.issued2013-10-25
dc.identifier.nimNIM080210204275
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1409
dc.description.abstractPermasalahan yang muncul di SDN Jenggawah 05 yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: (1) pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang berprestasi, (2) kurangnya respon siswa terhadap proses belajar mengajar, (3) kurangnya variasi metode yang digunakan untuk penyampaian materi. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA yaitu dengan menerapkan model Learning Cycle dalam pembelajaran IPA. Model Learning Cycle merupakan model pembelajaran yang terdiri dari rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang disususn sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya melalui Learning Cycle pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 Jember?, (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya melalui Learning Cycle pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 Jember?. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Bagian- bagian Tumbuhan dan Fungsinya melalui Learning Cycle, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 melalui Learning Cycle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Jenggawah 05 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang dianalisis adalah aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) penggunaan Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 Jember tahun pelajaran 2011/2012, yaitu skor rata-rata yang diperoleh sebelum adanya tindakan sebesar 38,46%, siklus I sebesar 59,40%, siklus II sebesar 70,94%, (2) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal sebelum tindakan dan pelaksanaan siklus. Sebelum tindakan ketuntasan klasikal sebesar 50%, siklus I sebesar 73,08%, siklus II sebesar 84,62%. Saran-saran yang dapat diberikan adalah diharapkan guru dapat menggunakan model Learning Cycle sebagai alternatif dalam proses pembelajaran sehingga dapat mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204275;
dc.subjectLEARNING CYCLEen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MELALUI LEARNING CYCLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JENGGAWAH 05 JENGGAWAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record