Show simple item record

dc.contributor.authorIIS PRASETYANINGSIH
dc.date.accessioned2013-10-25T01:58:17Z
dc.date.available2013-10-25T01:58:17Z
dc.date.issued2013-10-25
dc.identifier.nimNIM090210204175
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1408
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS di SDN Sukorejo 03 disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, media yang digunakan sangat sederhana sehingga kurang mewakili dari materi yang diajarkan, dan pengelolaan kelas yang kurang efisien yang berakibat siswa sering ramai dan gaduh. Sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicermati dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPS yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran IPS. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa metode dan model. Pendekatan dan model tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Brainstorming Group pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat pada siswa kelas IV SDN Sukorejo 03 tahun ajaran 2010/2011? (b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Brainstorming Group pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat pada siswa kelas IV SDN Sukorejo 03 tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Brainstorming Group pada pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat khususnya siswa kelas IV SDN Sukorejo 03 tahun ajaran 2010/2011 dan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Brainstorming Group pada pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat khususnya siswa kelas IV SDN Sukorejo 03 tahun ajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 anak, terdiri dari 20 laki-laki dan 16 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukorejo 03 Kecamatan Bangsalsari, dimulai pada tanggal 11 April 2011 sampai tanggal 25 April 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi wawancara dan tes. Data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil analisis aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPS menggunakan model Brainstorming Group dengan permainan lempar dadu pada Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran melalui model Brainstorming Group dengan melempar dadu mengalami peningkatan dan tergolong kriteria aktivitas siswa aktif. Hal tersebut ditunjukkan dengan analisis aktifitas siswa secara klasikal pada pembelajaran Brainstorming Group dengan melempar dadu, pada siklus I persentase aktifitas siswa sebesar 64.88 % dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus II mencapai 80.56 % dengan kategori sangat aktif dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 58.33 % (tidak tuntas), dan pada siklus II mencapai 77.78% (tuntas). Saran yang dapat diberikan peneliti untuk siswa adalah hendaknya dijadikan semangat belajar karena dengan model Brainstorming Group dengan permainan lempar dadu bisa menemukan sesuatu hal yang baru baik di kelas maupun di luar kelas, bagi guru hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran, dan bagi sekolah, hendaknya dapat dijadikan untuk mengambil kebijakan terhadap teknik-teknik pembelajaran yang tepat untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan oleh sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204175;
dc.subjectPEMBELAJARAN BRAINSTORMING GROUPen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING GROUP DENGAN PERMAINAN LEMPAR DADU PADA SISWA KELAS IV SDN SUKOREJO 03 KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record