Show simple item record

dc.contributor.authorHOLILI
dc.date.accessioned2013-10-24T03:07:52Z
dc.date.available2013-10-24T03:07:52Z
dc.date.issued2013-10-24
dc.identifier.nimNIM090210204157
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1406
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran menulis sebuah cerita memerlukan pemahaman terhadap kaidah-kaidah dalam menulis atau membuat sebuah karangan. Keterampilan menulis siswa perlu ditingkatkan agar siswa mampu menulis dengan baik dan benar. Siswa akan mampu mengekspresikan perasaan, gagasan, pikiran dan gagasannya untuk hal-hal yang positif melalui bahasa tulis. Kemampuan menulis pada siswa kelas IV SDN Pejarakan 01 kurang baik. Hal ini terlihat dari ketidakmampuan siswa dalam menentukan pilihan kata, keruntutan gagasan, kesesuaian dengan tema dan penggunaan ejaan. Hal ini mempengaruhi ketuntasan belajar yaitu dari 28 siswa, hanya 9 siswa tuntas belajar (sesuai SKM yaitu ≥ 60), sedangkan 19 siswa tidak tuntas belajar. Berdasarkan data hal tersebut untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa, digunakanlah model kalimat konsep dan bantuan media komik pendidikan, karena komik memiliki alur cerita yang mudah dipahami oleh siswa. Siswa akan mudah menentukan pilihan kata dan mengembangkan cerita berdasarkan komik dan kalimat konsep. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka penelitian ini mengangkat permasalahan (1) bagaimanakah penggunaan model kalimat konsep dan bantuan media komik pendidikan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa kelas IV SDN Pejarakan 01 Lumajang ; (2) bagaimanakah keterampilan menulis cerita siswa kelas IV SDN Pejarakan 01 setelah pembelajaran dengan model kalimat konsep dan bantuan media komik pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Pejarakan Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 28 anak, terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan. Desain dari penelitian ini adalah model Hopkins berbentuk spiral, dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan dilakukan kolaboratif antara peneliti dengan guru. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Model kalimat konsep dan komik pendidikan mampu membantu siswa menentukan pilihan kata, keruntutan gagasan, kesesuaian dengan tema, dan pengembangan cerita. Meskipun ada beberapa siswa yang masih memerlukan bimbingan lebih, akan tetapi pembelajaran menulis cerita dengan model kalimat konsep dan media komik berjalan dengan baik. Hal ini terlihat pada tahap prasiklus nilai rerata siswa 54,64 dan siswa yang mendapat nilai ≥ 60 (tuntas) sebanyak 9 orang (32,1 %). Pada siklus I setelah diterapkan model kalimat konsep dan media komik pendidikan dalam menulis cerita terjadi peningkatan hasil belajar, nilai rerata siswa 63,03 dan siswa yang mendapatkan nilai ≥ 60 (tuntas) sebanyak 17 orang (60,7%). Pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya, yaitu nilai rerata siswa 69,24 dan siswa yang mendapat nilai ≥ 60 (tuntas) sebanyak 24 siswa (85,73%). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan model kalimat konsep dan bantuan media komik pendidikan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dan siswa merasa senang setelah pembelajaran menggunakan model kalimat konsep dan media komik pendidikan. Adapun saran untuk guru kelas IV SDN Pejarakan 01 sebaiknya lebih meningkatkan partisipasi aktif siswa dan penguasaan kelas, kepala sekolah sebaiknya memberikan fasilitas yang baik untuk kegiatan pembelajaran dengan rutin melakukan supervisi, dan mahasiswa yang akan melakukan penelitian lebih selektif memilih subjek penelitian agar media yang digunakan benar-benar tepat dan efisien untuk meningkatkan kemampuan siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204157;
dc.subjectKeterampilan Menulis Cerita (narasi)en_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL KALIMAT KONSEP DAN BANTUAN MEDIA KOMIK PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PEJARAKAN KABUPATEN LUMAJANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record