Show simple item record

dc.contributor.authorHesti Wulandari
dc.date.accessioned2013-10-24T02:56:03Z
dc.date.available2013-10-24T02:56:03Z
dc.date.issued2013-10-24
dc.identifier.nimNIM090210204206
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1404
dc.description.abstractBerbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata- kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan. Tujuan utama dari berbicara adalah untuk berkomunikasi. Agar dapat menyampaikan pikiran secara efektif, maka sang pembicara harus memahami makna segala sesuatu yang ingin dikomunikasikan. Tetapi yang sering menjadi permasalahan dalam tindak komunikasi adalah ketidakefektifan dalam penyampaian pesan. Maksudnya, pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan tidak mengenai tepat sasaran. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan untuk berbicara siswa kelas III SDN 1 Gelung Situbondo adalah dengan menggunakan media realita dalam proses pembelajarannya, sehingga rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) bagaimanakah proses penerapan penggunaan media realita yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas III SDN 1 Gelung Situbondo, 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas III SDN 1 Gelung Situbondo setelah menggunakanmedia realita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan penggunaan media realita yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar berbicara siswa setelah menggunakan media realita. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN 1 Gelung Situbondo, dimulai pada tanggal 08 Agustus 2011 sampai tanggal 13 Agustus 2011, subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) proses penerapan penggunaan media realita yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas III SDN 1 Gelung Situbondo yaitu dengan guru menggunakan teknik membawa kelas ke dunia luar dan meminta siswa untuk mengamati media realita yang ada pada halaman sekolah dengan memanfaatkan waktu yang diberikan oleh guru untuk mengumpulkan bahan pembicaraan dengan cara menggunakan media tersebut untuk menentukan ide awal dari topik yang ingin dibicarakan dan dibuat dalam bentuk kerangka berbicara. Tiap siswa diberikan kesempatan untuk memilih sendiri media realita yang sesuai dengan topik yang diinginkan. Kemudian guru meminta siswa untuk kembali ke dalam kelas. Sebagai bentuk evaluasi, guru meminta siswa untuk maju satu persatu dan berbicara sesuai media realita yang dipilih dan guru menilai dengan menggunakan lembar penilaian berbicara yang telah disediakan sebelumnya. 2) peningakatan kemampuan berbicara setelah menggunakan media realita dapat dilihat dari perbandingan nilai siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai yang diperoleh siswa mencapai 1265 dengan rata-rata nilai 63, 25. Siswa yang mendapatkan nilai  65 sebanyak 11 siswa dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 63, 25 %. Setelah dilakukan pembelajaran berbicara menggunakan media realita dengan perencanaan yang lebih baik pada siklus II, ada peningkatan nilai menjadi 1560 dengan rata-rata nilai 79, 25%. Siswa yang mendapat nilai  65 sebanyak 18 siswa, maka ketuntasan hasil belajar siklus II telah meningkat menjadi 79, 25%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang diberikan adalah: 1) diharapkan siswa lebih giat belajar dan berlatih membiasakan diri berbicara di depan orang banyak; 2) diharapkan guru lebih teliti dalam pemilihan media pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi dan tujuan pembelajaran yang diinginkan tercapai; 3) sekolah dapat memberikan fasilitas atau media pembelajaran sebagai penunjang tercapainya pembelajaran berbicara yang lebih baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204206;
dc.subjectKEMAMPUAN BERBICARAen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 1 GELUNG SITUBONDO MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALITAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record