Show simple item record

dc.contributor.authorDewi Tri Anggelina
dc.date.accessioned2013-10-23T02:29:17Z
dc.date.available2013-10-23T02:29:17Z
dc.date.issued2013-10-23
dc.identifier.nimNIM080210204095
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1385
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA masih menggunakan metode konvensional dan jarang menggunakan media belajar. Pembelajaran masih bersifat pada guru sehingga pembelajaran cenderung membosankan dan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari guru kepada siswa, cara ini membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan terlihat hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Dengan pembelajaran IPA melalui metode diskusi dengan media Kartu Bergambar (Flash Card) dapat memberikan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Curahnongko 03 pada mata pelajaran IPA selama proses pembelajaran melalui metode diskusi menggunakan media kartu bergambar; (2) bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa kelas III SDN Curahnongko 03 dalam pembelajaran IPA melalui metode diskusi menggunakan media kartu bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengkaji peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajarana IPA pokok bahasan kenampakan permukaan bumi melalui metode diskusi dengan media kartu bergambar, (2) untuk mengkaji peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan kenampakan permukaan bumi melalui metode diskusi dengan media kartu bergambar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Curahnongko 03 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah 20 anak, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Pada siklus 2 yang dilakukan dengan tindakan, terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu : Aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar, berturut-turut menggunakan rumus : Pa = A N X100 dan E= N n X100. Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, secara berurutan yaitu 60,42 % dalam kategori aktif dan 64,58% dalam kategori aktif. Dari analisis hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dan individu yang terdiri dari siklus I sebesar 70% dengan 6 siswa belum tuntas, persentase tersebut dalam kategori tuntas secara klasikal, dan siklus II sebesar 80% dengan 4 siswa yang belum tuntas, dalam kategori tuntas secara klasikal. Dari hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sekolah hendaknya memberikan fasilitas atau media pembelajaran yang mendukung bagi guru dan siswa. Memberikan masukan untuk guru agar lebih meningkatkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar lebih inovatif lagi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204095;
dc.subjectPEMBELAJARAN IPA, METODE DISKUSI, MEDIA KARTU BERGAMBAR (FLASH CARD)en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE DISKUSI DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR (FLASH CARD) DI SDN CURAHNONGKO 03 TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record