• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS VIII SMPN 7 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Yova Agustian Prahara Ema Putra_1.pdf (159.8Kb)
    Date
    2014-01-07
    Author
    Yova Agustian Prahara Ema Putra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengkaji pengaruh model Quantum Learning dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII di SMPN 7 Jember. (2) Untuk mengkaji pengaruh model Quantum Learning dengan metode eksperimen terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMPN 7 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian yang ditentukan dengan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilakukan dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember dengan responden penelitian kelas VIII-E dan VIII-F. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan randomized post-test only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Independent-Sample T test dengan SPSS 16 (Statistic Package for Sosial Science) untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, sedangkan untuk rumusan masalah yang kedua menggunakan persentase aktivitas siswa. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan Independent-Sample T test dengan SPSS 16 (Statistic Package for Sosial Science) atau pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,839 atau > 0,05. Nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen adalah sebesar 54,46, sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol adalah sebesar 54,85. Perbedaan tersebut dikarenakan pada kelas eksperimen diterapkan Model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan Model Konvensional. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan tidak ada pengaruh hasil belajar siswa antara menggunakan Model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen dengan Model Konvensional karena Sig. (2-tailed) > 0,05 maka hipotesis nihil (H0) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh (dampak) pada hasil belajar fisika antara siswa yang diajar dengan menggunakan Model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen dengan siswa yang tidak diajar menggunakan model Quantum Learning pada pembelajaran fisika di SMPN 7 Jember kelas VIII. Hasil persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal maka persentase aktivitas siswa mencapai 63,74%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan Model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen tergolong aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13784
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository