Show simple item record

dc.contributor.authorRizky Prima Elisa Galuh Salsabila
dc.date.accessioned2013-12-30T02:17:23Z
dc.date.available2013-12-30T02:17:23Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM080210102030
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13760
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik fisika. Pengembangan modul elektronik fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Memahami keterbatasan peneliti dari aspek waktu dan biaya maka penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D hanya sampai tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar observasi. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, observasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah validasi logic, hasil observasi motivasi belajar siswa, dan pemahaman konsep siswa. Hasil validasi logic yang didapatkan adalah 2,74 sehingga modul elektronik fisika dapat dikategorikan baik dan layak digunakan pada uji pengembangan di kelas. Motivasi belajar siswa berdasarkan pada hasil observasi menunjukkan persentase yang sangat baik. Hal ini terbukti dari rekapitulasi data rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 89%. Rasa senang siswa dalam mengerjakan tugas dari guru memiliki persentase terbesar sedangkan minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran serta tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugas belajarnya memiliki persentase yang lebih kecil. Pemahaman konsep siswa meliputi pemahaman translasi, pemahaman interpretasi, dan pemahaman ekstrapolasi. Secara keseluruhan pemahaman konsep siswa menunjukkan persentase yang cukup baik sehingga siswa dapat dikategorikan paham konsep setelah menggunakan modul elektronik fisika selama kegiatan pembelajaran. Hal ini terbukti dari rekapitulasi data nilai rata-rata soal pemahaman konsep sebesar 84.81%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) kualitas modul elektronik fisika berkategori baik dan layak digunakan pada uji pengembangan di kelas, (2) siswa kelas X.6 SMA Negeri 4 Probolinggo sangat termotivasi selama pembelajaran menggunakan modul elektronik fisika. (3) siswa kelas X.6 SMA Negeri 4 Probolinggo paham konsep setelah menggunakan modul elektronik fisika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102030;
dc.subjectModul Elektronik Fisika, Media Instruksional, Hukum Newtonen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA SEBAGAI MEDIA INSTRUKSIONAL POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record