• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW, WANT, AND LEARN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS III SDN BANJARSENGON 02 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Citra Cahyaningtyas_001.pdf (1.365Mb)
    Date
    2013-10-22
    Author
    CITRA CAHYANINGTYAS
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan membaca merupakan modal utama dalam memperoleh ilmu pengetahuan yang lainnya. Banyaknya informasi yang diperoleh melalui media cetak dan internet yang sangat dibutuhkan oleh seluruh masyarakat membuat banyaknya orang yang merasakan manfaat dari keterampilan membaca. Berdasarkan pengamatan awal di SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember, diperoleh beberapa permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dintaranya : 1) siswa belum dapat memahami isi bacaan yang dibacanya, dan 2) siswa belum dapat menceritakan kembali isi bacaan yang dibacanya dengan kalimat sendiri secara runtut. Alternatif pemecahan masalah yang diambil adalah strategi membaca KWL (Know, Want, and Learn), karena strategi KWL melibatkan tiga langkah dasar yang menuntun siswa dalam memberikan salah satu jalan tentang apa yang telah mereka ketahui (K), menentukan apa yang ingin mereka ketahui (W), dan mengingat kembali apa yang mereka pelajari dari membaca (L). Berdasarkan pernyataan di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah “a) Bagaimanakah proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012? dan b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012 setelah diterapkannya strategi KWL?”. Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang ingin dicapai adalah a) Mendeskripsikan proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III Kabupaten jember tahun pelajaran 2011-2012, dan b) Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012 melalui proses penerapan strategi KWL. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan jenis penelitian kolaboratif, dimana peneliti sebagai pelaksana tindakan (praktisi) dan guru sebagai observer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan wawancara. Proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012 dilakukan dengan cara: a) guru (praktisi) menjelaskan langkah- langkah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi KWL secara jelas, b) guru sering memberikan contoh kepada siswa dalam mengerjakan LKS dan merangkum isi teks bacaan, d) guru sering berkeliling untuk mengecek siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan, dan e) guru pandai menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi KWL mengalami peningkatan. Siswa dapat membuat dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan yang mereka baca serta dapat membuat kesimpulan/ringkasan yang singkat, jelas dan sesuai dengan isi teks bacaan yang dibaca. Peningkatan kemampuan membaca siswa juga dapat dilihat dari perbandingan nilai pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan SKM yang telah ditetapkan di SDN Banjarsengon 02 adalah nilai 60. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa 51,9 pada siklus I setelah diterapkan strategi KWL terjadi peningkatan hasil belajar, nilai rata-rata siswa 67,5 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 84,3. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru dalam pembelajaran mata pelajaran lain aspek membaca bisa menggunakan penerapan strategi KWL karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Selain itu, siswa juga dapat membandingkan pengetahuan awal yang dimiliki sebelum membaca dengan pengetahuan yang dimiliki setelah membaca.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1376
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15276]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository