Show simple item record

dc.contributor.authorY. Danni Prihartanto
dc.date.accessioned2013-12-30T02:03:58Z
dc.date.available2013-12-30T02:03:58Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM080210101042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13743
dc.description.abstractSaat ini ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan di bidang pendidikan dewasa ini merupakan satu dari sedemikian banyak cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan untuk memenuhi perkembangan zaman. Walaupun tak sedikit siswa Indonesia yang mampu menjuarai olimpiade Matematika dan IPA di tingkat internasional, namun secara umum kemampuan siswa Indonesia di dua bidang itu sangat minim. Terdapat berbagai macam faktor yang menjadi penyebab kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika, diantaranya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Begitu halnya di SMP Negeri 1 Pakusari. Dari hasil observasi awal dan wawancara dengan guru bidang studi matematika kelas VIII yang dilaksanakan di SMPN 1 Pakusari, menunjukkan bahwa proses pembelajaran selama ini masih menggunakan metode pembelajaran langsung yang hanya terpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan siswa sangat lemah dalam pemahaman konsep. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, maka diperlukan pembelajaran kooperatif yang tidak hanya bertujuan memahamkan siswa terhadap materi yang akan dipelajari namun lebih menekankan pada melatih siswa untuk mempunyai kemampuan sosial, yaitu kemampuan untuk saling bekerja sama, saling berkelompok dan saling bertanggung jawab di dalam kelompoknya masing-masing. Dalam pembelajaran ini digunakan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan subjek penelitiannya siswa kelas VIIID SMPN 1 Pakusari. Disini siswa bekerja dalam suatu kelompok untuk menyelesaikan tugas, membuat produk, berbagi ide dan saling membantu satu sama lain dalam menyelesaikan viii suatu masalah. Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation ini merupakan pembelajaran yang terstruktur dengan enam tahapan, yaitu : 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada topik bahasan teorema Phytagoras kelas VIII D SMPN I Pakusari memberikan kontribusi yang baik terhadap kemampuan siswa dalam melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation sesuai dengan 6 tahapan yang dilakukan. Kemampuan siswa ini juga mendukung aspek kognitif dan afektif siswa khususnya pembentukan karakter kreatif dan teliti yang diimplementasikan dengan kerjasama antar siswa pada tahapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 27 Nopember 2012 sampai dengan 6 Desember 2012. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa analisis aktifitas siswa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada topik bahasan teorema Phytagoras kelas VIII D SMPN I Pakusari siklus 1 sebesar 82,67 % dan siklus II sebesar 91,24 %. Sehingga rata-rata seluruh aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation adalah 86,95 % dan dapat dikategorikan sangat aktif. Dari nilai tes akhir dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada topik bahasan teorema Phytagoras kelas VIIID SMPN I Pakusari mengalami kenaikan tingkat ketuntasan hasil belajar dari siklus I sebesar 88,57% menjadi 94,29% dari siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII D SMPN I Pakusari.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101042;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigationen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Pada Siswa Kelas VIII D Semester Ganjil SMPN 1 Pakusari Tahun Ajaran 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record