• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBASIS GEJALA FISIS DISERTAI LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI FISIKA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 5 SITUBONDO TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Oning Pujawati Surya_1.pdf (1.180Mb)
    Date
    2013-12-30
    Author
    Oning Pujawati Surya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII F SMPN 5 Situbondo tahun ajaran 2012/2013 dan dilaksanakan pada tanggal 18 Februari sampai 11 Maret 2013. Desain penelitian ini adalah siklus hopkins. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah kemampuan multirepresentasi fisika siswa dari pra siklus, siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Hasil analisis data dan observasi dari pra siklus hingga siklus 3 menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri berbasis gejala fisis disertai LKS telah berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam merepresentasikan konsep fisika dalam bentuk verbal, matematik, gambar dan grafik. Kemampuan representasi verbal meningkat dari 14,35 pada pra siklus menjadi 21,87 pada siklus 1, pada siklus 2 adalah 21,95 dan pada siklus 3 adalah 22,02 . Peningkatan ini tergolong pada kriteria tinggi pada siklus 1 dengan N-gain sebesar 0,71, peningkatan tergolong kriteria tinggi pada siklus 2 dengan N-gain sebesar 0,71 dan peningkatan tergolong kriteria tinggi pada siklus 3 dengan N-gain sebesar 0,72. Kemampuan representasi matematik meningkat dari 11,19 pada pra siklus menjadi 17,85 pada siklus 1, pada siklus 2 adalah 21,06 dan pada siklus 3 adalah 21,26. Peningkatan ini tergolong kriteria sedang pada siklus 1 dengan N-gain sebesar 0,48, peningkatan tergolong kriteria tinggi pada siklus 2 dengan N-gain sebesar 0,71 dan peningkatan tergolong kriteria tinggi pada siklus 3 dengan Ngain sebesar 0,73, Kemampuan representasi gambar meningkat dari 12,34 pada pra siklus menjadi 18,15 pada siklus 1, pada siklus 2 adalah 21,45 dan pada siklus 3 adalah 21,56 . Peningkatan ini tergolong kriteria sedang dengan N-gain sebesar 0,46 pada siklus 1, peningkatan tergolong kriteria tinggi pada siklus 2 dengan Ngain sebesar 0,72 dan peningkatan tergolong kriteria tinggi pada siklus 3 dengan N-gain sebesar 0,73. Kemampuan representasi grafik meningkat dari 13,54 pada pra siklus menjadi 21,45 pada siklus 1, pada siklus 2 adalah 21,77 dan pada siklus 3 adalah 22,01. Peningkatan ini tergolong kriteria sedang dengan N-gain sebesar 0,69 pada siklus 1 peningkatan tergolong kriteria tinggi pada siklus 2 dengan Ngain sebesar 0,72 dan peningkatan tergolong kriteria tinggi pada siklus 3 dengan N-gain sebesar 0,74. Peningkatan kemampuan multirepresentasi fisika siswa, yaitu dari pra siklus ke siklus 1 dengan N-gain 0,57 pada kriteria sedang, dari pra siklus ke siklus 2 dengan N-gain 0,7 pada kriteria tinggi dan dari pra siklus ke siklus 3 dengan N-gain 0,73 pada kriteria tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan multirepresentasi fisika siswa kelas VII F secara keseluruhan telah meningkat dan telah mencapai kriteria tinggi pada siklus 2 dan siklus 3 sehingga siklus sudah dapat dihentikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13727
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository