Show simple item record

dc.contributor.authorMahesa Kale
dc.date.accessioned2013-12-30T01:44:57Z
dc.date.available2013-12-30T01:44:57Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM080210102026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13704
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kencong. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, penilaian unjuk kerja, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis ttes, dan menggunakan presentase skor ketrampilan proses sains. Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan ketrampilan proses sains dengan model TPS dan yang menggunakan model konvensional dengan cara menganalisis dari selisih nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan menggunakan uji t pada SPSS 16, yaitu Independent Samples Test.. Analisa data yang digunakan untuk mendeskripsikan ketrampilan proses sains siswa setelah penerapan model pembelajaran think pair share berdasarkan hasil penilaian jawaban pada Lembar kerja Siswa (LKS). Aspek ketrampilan proses sains yang diukur adalah merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variable, mencatat hasil pengamatan, menganalisis data, dan menyimpulkan. Persentase ketrampilan proses sains siswa tiap pertemuan berturut-turut adalah 88,02%, 90,28%, dan 89,24%. Sedangkan persentase ketrampilan proses sains siswa secara keseluruhan adalah 88,56, dan termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara menggunakan pendekatan ketrampilan proses sains dengan model konvensional, (2). Ketrampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika setelah menggunakan ketrampilan proses sains termasuk dalam kategori baiken_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102026;
dc.subjectKetrampilan Proses Sains, Model Think Pair Share, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record