Show simple item record

dc.contributor.authorWitantri Daniar
dc.date.accessioned2013-12-30T01:44:21Z
dc.date.available2013-12-30T01:44:21Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM080210204187
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13703
dc.description.abstractMatematika merupakan salah satu ilmu dasar yang berperan cukup besar, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika tergolong rendah. Hal ini dikarenakan dalam penyampaian materi guru cenderung menggunakan teknik dan media yang monoton sehingga kurang menarik minat siswa dalam belajar. Melalui penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media kartu bilangan, siswa diajak untuk belajar secara berkelompok dan bermain kartu bilangan secara berulang-ulang dengan pemberian penghargaan di setiap akhir pembelajaran. Hal ini dapat memberikan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam menyelesaikan operasi hitung akar kuadrat dan akar pangkat dua yang telah dipelajari melalui kegiatan atau belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media kartu bilangan dalam sub pokok bahasan operasi bilangan kuadrat dan akar pangkat dua, (2) mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media kartu bilangan dalam sub pokok bahasan operasi bilangan kuadrat dan akar pangkat dua. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kembiritan 04 kelas V yang terdiri 20 siswa, 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi empat kelompok yang heterogen, untuk pembagian kelompok berikutnya didasarkan pada jumlah tabel kesalahan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya ádalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data berupa observasi dan wawancara, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis hasil tes individu. Pelaksanaan pembelajaran di kelas V dilaksanakan mulai tanggal 23 Oktober sampai 6 November dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Kembiritan 04 Genteng Banyuwangi. Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil tes individu pada saat penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media kartu bilangan berlangsung. Pada pertemuan I, hasil analisis aktivitas individu siswa mencapai 67%, aktivitas kelompok siswa 79%, aktivitas guru 67%, dan tes individu 70%. Pertemuan II, analisis aktivitas individu siswa mencapai 70%, aktivitas kelompok siswa 82%, aktivitas guru 87%, dan tes individu 85%. Pertemuan III, analisis aktivitas individu siswa mencapai 84%, aktivitas kelompok siswa 69,5%, aktivitas guru 85%, dan tes individu 60%. Pertemuan IV, analisis aktivitas idividu siswa mencapai 84%, aktivitas kelompok siswa 84,5%, aktivitas guru 96%, dan tes individu 90%. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 55%, pada siklus II mencapai 85%. Berdasarkan hasil tersebut secara klasikal siswa kelas V mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada sub pokok bahasan operasi bilangan kuadrat dan kar pangkat dua. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media kartu bilangan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, meningkatkan ketepatan dan kecepatan siswa dalam berhitung, siswa dapat berinteraksi dengan kelompok belajarnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204187;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT)en_US
dc.titlePEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM SUB POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN KUADRAT DAN AKAR PANGKAT DUA PADA SISWA KELAS V SDN KEMBIRITAN 04 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record