Show simple item record

dc.contributor.authorLina Dwi Selvitasari
dc.date.accessioned2013-12-30T01:38:44Z
dc.date.available2013-12-30T01:38:44Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM090210102030
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13694
dc.description.abstractHasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan SPSS 16 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau < 0,05 dan Sig. (1-tailed) sebesar 0,000 atau < 0,05. Adanya perbedaan hasil posttest yaitu kelas eksperimen sebesar 76,0 dan kelas kontrol sebesar 70,43 dikarenakan pada kelas eksperimen siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran. Hasil analisis aktivitas siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa aspek aktivitas siswa yang paling rendah adalah bertanya dengan persentase rata-rata sebesar 38,09 %. Hal ini dikarenakan siswa kurang percaya diri karena masih merasa malu untuk bertanya. Aspek aktivitas siswa yang paling tinggi adalah diskusi dengan persentase rata-rata sebesar 98.78 %. Hal ini dikarenakan siswa tertarik dengan media yang digunakan dalam pembelajaran dan siswa mudah bersosialisasi. Hasil analisis aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran di kelas eksperimen pada KBM 1, KBM 2 dan KBM 3 diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 81.64 % dan termasuk pada kategori sangat aktif. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Heads Together disertai media gambar kejadian fisika dengan papan flanel dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 07 Bondowoso tahun ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol. . Kelas eksperimen memiliki hasil belajar rata-rata pos tes sebesar 76.0 dan kelas kontrol sebesar 70.43; (2) Aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 07 Bondowoso tahun ajaran 2012/2013 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Heads Together disertai media gambar kejadian fisika dengan papan flanel termasuk dalam kategori sangat aktif atau sangat aktif di kelas VII SMPN 07 Bondowoso tahun ajaran 2012/2013. Hal ini dikarenakan hasil rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan 1, 2, 3 yaitu sebesar 81.64% atau > 80%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102030;
dc.subjectNumber Heads Together, Media Gambar, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL KOOPERATIF NUMBER HEADS TOGETHER DISERTAI MEDIA GAMBAR KEJADIAN FISIKA DENGAN PAPAN FLANEL PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record