Show simple item record

dc.contributor.authorJenny Oka Puspitasari
dc.date.accessioned2013-12-30T01:28:26Z
dc.date.available2013-12-30T01:28:26Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM090210102017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13673
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Jember. Teknik dan instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis yaitu aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada verifikasi masalah, siklus I dan siklus II. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa hasil belajar dari verifikasi masalah dan setelah siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I terjadi peningkatan aktivitas belajar fisika dari 66,4% menjadi 79,67%. Pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar fisika menjadi 81,5% vdari siklus I. Ketuntasan hasil belajar dari verifikasi masalah dan setelah siklus mengalami peningkatan dari 37,5% menjadi 65,62% dan belum mencapai kriteria ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan oleh SMPN 4 Jember. Kriteria ketuntasan hasil belajar tercapai pada siklus II dengan persentase mencapai 84,75%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi concept mapping disertai metode pemberian tugas atau resitasi dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika dan dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa di kelas VIIG SMPN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2012/2013en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102017;
dc.subjectStrategi Concept Mapping, Metode Pemberian Tugas Atau Resitasien_US
dc.titleUPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DENGAN STRATEGI CONCEPT MAPPING DISERTAI METODE PEMBERIAN TUGAS ATAU RESITASI PADA SISWA KELAS VIIG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013 SMPN 4 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record