• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Teknik Crosswords Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Matriks Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Rafiantika Megahnia Prihandini - 110210181003_1.pdf (255.5Kb)
    Date
    2013-12-30
    Author
    Rafiantika Megahnia Prihandini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan informasi dan observasi dari guru di SMK Negeri 1 Jember, Di SMK Negeri 1 Jember, rata-rata nilai siswa pada materi matriks termasuk rendah. Jika dilihat dari tingkat ketuntasan siswa pada tahun-tahun sebelumnya untuk materi ini, siswa yang tidak tuntas belajar mencapai sekitar 55% dari jumlah siswa. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari guru mata pelajaran matematika, siswa sering mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal yang berhubungan dengan matriks. Kesulitan yang dialami siswa mengakibatkan hasil belajar siswa rendah.. Pembelajaran matematika dalam SMK merupakan pembelajaran berorientasi Vocational Skill. Hal ini mengakibatkan kejenuhan pada siswa, sehingga perlu diberikan pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya adalah pembelajaran dengan Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan menggunakan dua siklus. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Quantum Teaching dengan teknik Crosswords puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa, bagaimana aktifitas siswa saat diterapkan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Crosswords puzzle dalam meningkatkan hasil belajar, dan Apakah model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Crosswords puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK3 SMK Negeri 1 Jember, yang berjumlah 36 siswa. vii Penerapan Quantum teaching dengan teknik puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan matriks kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Jember berjalan dengan baik dan lancar. Siswa sangat senang dan sangat antusias dalam pembelajaran ini. Pembelajaran ini diawali dengan tahap tumbuhkan yaitu memancing siswa untuk belajar materi matriks serta guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Tahap alami yaitu menceritakan beberapa kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan materi matriks. Tahap namai yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari. Tahap demonstrasi yaitu membacakan petunjuk untuk menyelesaikan soal-soal pada lembar kerja siswa. Tahap ulangi yaitu mengulangi materi yang telah disampaikan dengan memberikan pertanyaan seputar materi yang telah dijelaskan, dan tahap rayakan yaitu memberikan pujian, tepuk tangan, memberi kesempatan pada siswa yang memiliki nilai terbaik untuk membuka kotak doorprize yang ada di depan kelas yang sudah berisi hadiah Data yang diambil dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dari hasil tes, yang dilakukan setelah kegiatan pembelajaran, dianalisis apakah mengalamai peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Hal yang sama juga dilakukan untuk aktifitas guru dan aktifitas siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, pada siklus I persentase nilai tes akhir siswa yang tuntas secara klasikal sebesar sebesar 45,95% sedangkan ulangan harian sebesar 75%. Pada siklus II persentase nilai tes akhir siswa yang tuntas secara klasikal sebesar sebesar 58,33% sedangkan ulangan harian sebesar 83,33%. Dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar pada masing-masing siklus. Data hasil observasi dibedakan menurut aktifitas guru dan siswa. Untuk aktifitas guru, pada siklus I rata-rata mencapai 83,33% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,89%. Hasil analisis data diperoleh bahwa keaktifan siswa selama pembelajaran rata-rata sangat aktif, rata-rata keaktifan siswa pada tiap siklus yaitu siklus I mencapai 70,27%, dan siklus II mencapai 83,55%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13666
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository