Show simple item record

dc.contributor.authorImroatus Sholehah
dc.date.accessioned2013-12-30T01:18:09Z
dc.date.available2013-12-30T01:18:09Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM080210192065
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13660
dc.description.abstractDaerah penelitian ini adalah SMPN 1 Pakusari yang ditentukan dengan metode purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji one way-ANOVA. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B dan E yang ditentukan dengan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized subject post-test only control group desain. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, tes, dan rubrik. Analisis data hasil belajar menggunakan Independent Samples T-Test sedangkan kemampuan kerja ilmiah siswa menggunakan presentase kemampuan kerja ilmiah siswa. Analisis data hasil belajar fisika siswa menggunakan model experiential learning lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Hal ini diketahui dari hasil analisis yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 pada tingkat signifikansi α = 0,05 atau (sig < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikasn antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis kemampuan kerja ilmiah siswa sebesar 81,34% dan dapat dikategorikan baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model experiential learning dengan pembelajaran Direct instruction pada kelas VIII SMPN 1 Pakusari tahun ajaran 2012/2013. (2) Kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII SMPN 1 Pakusari selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model experiential learning termasuk kategori baik, dengan presentase sebesar 81,34%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192065;
dc.subjectExperiential Learning, Hasil Belajar Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record