dc.description.abstract | Berdasarkan data yang diperoleh dari angket dengan responden guru fisika
SMAN 1 Pandaan, SMAN 1 Kejayan, SMA Yayasan Pandaan, dan SMA Ma’arif NU
Pandaan. Diketahui bahwa faktor penyebab daya serap soal UN belum mencapai
KKM 60% antara lain : karena siswa kurang teliti dalam mengerjakan, siswa kurang
memahami konsep, siswa tidak hafal rumus yang terlalu banyak, kemampuan
berhitung (matematika) yang masih lemah, serta siswa kurang memahami konsep
yang sulit direalisasikan (tidak ada media praktikum). Selain itu, menurut para guru
fisika terdapat faktor lain yang juga sangat berpengaruh pada hasil proporsi jawaban
soal UN, yakni : karena sekolah yang mempunyai input siswa dengan tingkat intake
(kemampuan) menengah ataupun rendah sehingga kerumitan materi fisika menjadi
sulit dipahami oleh siswa, serta kurang lengkapnya sarana prasarana yang bisa
digunakan dalam pembelajaran (khususnya pada sekolah-sekolah pinggiran atau
swasta). Upaya persiapan penguasaan materi fisika yang bisa dilakukan guru fisika
SMA berdasarkan hasil proporsi jawaban soal Ujian Nasional (UN) tahun 2008,
2009. 2010 adalah dengan mengoptimalkan pembelajaran fisika yang menekankan
pada pemahaman konsep (melalui otak kanan) bukan pada menghafal rumus (melalui
otak kiri), siswa sering dilatih mengerjakan soal-soal Ujian Nasional (UN) dari tahuntahun
sebelumnya agar siswa mengetahui dan terbiasa memahami karakteristik dari
soal-soal Ujian Nasional (UN), melatih dan mengoptimalkan kemampuan berhitung
(matematika), mengoptimalkan penggunaan laboratorium fisika, siswa dilatih
berimajinasi tentang konsep yang sulit direalisasikan (abstrak) dan memahamkannya
melalui media gambar. | en_US |