Show simple item record

dc.contributor.authorFariska Candra AK
dc.date.accessioned2013-12-30T00:53:33Z
dc.date.available2013-12-30T00:53:33Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM060210192015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13641
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Balung. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan post-test control design. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisa data menggunakan SPSS 15 untuk menjawab rumusan masalah adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai LKS dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika di SMA. Hasil perhitungan uji t diperoleh harga thitung = 5,49. Nilai thitung ini dikonsultasikan dengan nilai ttabel yang memilki nilai memiliki nilai dbd = 68 pada taraf signifikasi 5 %. Nilai db = 68 terletak diantara db = 60 yang mempunyai nilai ttabel = 2,00 dan db = 120 yang mempunyai nilai ttabel = 1,98 sehingga nilai ttabel dengan db = 68 adalah 1,99. Dengan demikian, nilai thitung > ttabel sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai LKS dan pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai LKS dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X semester ganjil di SMA Negeri Balung tahun ajaran 2012/2013, dan (2) Aktivitas belajar siswa pada kelas X semester ganjil di SMA Negeri Balung tahun ajaran 2012/2013 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai LKS termasuk kategori yang aktif, Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai LKS dapat merangsang siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran yang bermakna, pembelajaran ini tidak berjalan satu arah saja, melainkan terjadi interaksi dua arah antar guru dan siswa, sehingga dapat menyeimbangkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor sebagai hasil dari proses belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210192015;
dc.subjectmodel pembelajaran kooperatif, tipe Think Pair Share, LKSen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DISERTAI LKS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record