Show simple item record

dc.contributor.authorEvin Novidasari
dc.date.accessioned2013-12-30T00:48:49Z
dc.date.available2013-12-30T00:48:49Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM090210102020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13639
dc.description.abstractHasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa hasil pengujian Z-test dengan menggunakan SPSS 16 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 atau < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adanya perbedaan hasil post-test yaitu kelas eksperimen sebesar 75,3 dan kelas kontrol sebesar 71,1. Perbedaan ini disebabkan karena pada kelas eksperimen digunakan model pembelajaran generatif (generative learning) disertai media pictorial riddle yang membuat pembelajaran menjadi aktif dan bermakna, siswa lebih memahami konsep fisika yang diperoleh serta dapat menjelaskan contoh-contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan konsep tersebut. Hasil analisis aktivitas siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa aspek aktivitas yang dinilai yaitu menganalisis pictorial riddle pada pelaksanaan pembelajaran I tergolong aktif yaitu sebesar 78,1% sedangkan pada pembelajaran II tergolong sangat aktif yaitu sebesar 83,2%, sedangkan untuk rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I dan II adalah sebesar 80,6 % dan dapat dikategorikan sangat aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) disertai media pictorial riddle dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMA, (2) aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) disertai media pictorial riddle termasuk dalam kategori sangat aktif .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102020;
dc.subjectGenerative Learning, Media Pictorial Riddle, Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DISERTAI MEDIA PICTORIAL RIDDLE DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record