• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    OPTIMALISASI HASIL BELAJAR DAN SIKAP KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITIES UNTUK SISWA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Dinicen Viclara_1.pdf (1011.Kb)
    Date
    2013-12-30
    Author
    Dinicen Viclara
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini untuk mengkaji hasil belajar fisika siswa yang menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis hands on activities pada kelas VIII di SMPN 4 Siliragung Kabupaten Banyuwangi dan untuk mengkaji sikap kreatif siswa selama menerapkan pembelajaran pembelajaran kontekstual berbasis hands on activities. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Siliragung. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control grup pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, wawancara, dan kuisioner. Analisa data menggunakan uji t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk membuktikan hasil belajar fisika siswa yang menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis hands on activities pada kelas VIII di SMPN 4 Siliragung. Analisis data dari selisih nilai pre-test dan post-test diperoleh nilai Sig. (2- tailed) < 0.05 jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis hands on activities dengan siswa yang menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru. Hasil dari skala sikap kreatif siswa pada kelas eksperimen yang telah menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis hands on activities dari 25 siswa, pencapaian sikap kreatif siswa sebesar 65,12% dan berdasarkan pedoman pengambilan keputusan maka siswa kelas eksperimen memiliki sikap kreatif yang baik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1). terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara pembelajaran kontekstual berbasis hands on activities dengan pembelajaran yang berpusat pada guru di SMP ; (2) secara umum siswa pada kelas eksperimen setelah diterapkan pembelajaran kontekstual berbasis hands on activities pada siswa di SMP sebesar 65,12% dan tergolong baik dalam mengembangkan dan menyajikan hasil karya sebagai aplikasi fisika dalam kehidupan sehari-hari.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13637
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [13138]

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta