• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WONDERSHARE QUIZ CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    Pramyta Manda Sari - 080210301047_1.pdf (136Kb)
    Date
    2013-12-28
    Author
    PRAMYTA MANDA SARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Arjasa pada mata pelajaran ekonomi salah satunya dikarenakan penggunaan media pembelajaran konvensional yang kurang menarik dan didominasi oleh guru, untuk itu perlu adanya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran, yaitu penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis wondershare quiz creator. Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis wondershare quiz creator diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sehingga siswa memiliki motivasi dan kemandirian belajar yang tinggi Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara guru dan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Arjasa semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar mendeskripsikan jenis produk dalam bursa efek.Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri Arjasa Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif, yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan motivasi belajar siswa kategori rendah dengan skor rata-rata 1,78 dan skor rata-rata kemandirian belajar siswa sebesar 1,89 kategori rendah. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I diketahui skor rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 2,87 kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 3,50 kategori tinggi. Skor rata-rata kemandirian belajar siswa pada siklus I sebesar 2,88 kategori cukup dan pada siklus II sebesar 3,53 kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis wondershare quiz creator dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Arjasa semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar mendeskripsikan jenis produk dalam bursa efek.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13596
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository