dc.description.abstract | Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Pidato Melalui Kegiatan Peer
Correction pada Siswa Kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong; Ujang Sarwono;
070210402113; 2011; 107 halaman; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia; Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Jember.
Observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X7 SMA Negeri
1 Kencong dalam pembelajaran menulis teks pidato masih belum mencapai
ketuntasan belajar. Salah satu faktor penyebabnya adalah strategi pembelajaran yang
digunakan guru masih bersifat tradisional, sehingga mengakibatkan siswa menjadi
pasif dalam belajar. Penerapan kegiatan peer correction digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks pidato. Penerapan peer
correction dipilih karena dengan teknik ini siswa dilibatkan secara langsung dalam
kegiatan koreksi kesalahan berbahasa yaitu menulis. Kegiatan peer correction
diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai aturan-aturan yang
benar dalam menulis, sehingga kemampuan siswa dalam menulis menjadi meningkat.
Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini mengangkat permasalahan (1)
bagaimanakah penerapan kegiatan peer correction untuk meningkatkan kemampuan
menulis teks pidato siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong, dan (2) bagaimanakah
kemampuan menulis siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong dalam menulis teks
pidato setelah diterapkan kegiatan peer correction. Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan kegiatan peer
correction untuk meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X7
SMA Negeri 1 Kencong, dan (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks pidato
siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong setelah diterapkan kegiatan peer correction.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing
dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan dan dilakukan kolaborasi antara peneliti dengan guru. Data diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan dalam suatu kegiatan
pembelajaran, hasil wawancara dengan siswa dan guru Bahasa Indonesia kelas X7
SMA Negeri 1 Kencong.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menulis teks
pidato melalui kegiatan peer correction pada siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong
mengalami peningkatan.
Hasil belajar menulis surat dapat diketahui melalui adanya peningkatan hasil
belajar siswa pada tiap siklus. Pada tahap prasiklus terdapat 20 siswa (50%) yang
mendapat nilai < 70. Pada siklus I terjadi peningkatan dari 20 menjadi 31 siswa
(77,5%) yang mendapat nilai ≥ 70, akan tetapi belum mencapai ketuntasan secara
klasikal (85%), kemudian setelah diterapkan siklus II meningkat menjadi 36 siswa
(90%) dan dapat dinyatakan tuntas secara klasikal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran menulis teks
pidato melalui kegiatan peer correction pada siklus II, hasil belajar siswa menjadi
lebih meningkat dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Hal ini
disebabkan pada siklus II guru lebih aktif membimbing siswa dalam menyelesaikan
tugas, daripada siklus I guru kurang aktif membimbing siswa dalam menyelesaikan
tugas, sehingga siswa menjadi kurang termotivasi dalam belajar. Saran yang
diberikan berdasarkan hasil penelitian yaitu: 1) bagi guru bahasa dan sastra Indonesia,
pada materi menulis teks pidato, sebaiknya menjelaskan hal-hal yang harus
diperhatikan dalam menulis teks pidato seperti memperhatikan struktur kalimat,
ejaan, dan penggunaan kalimat efektif dengan jelas dan mudah dimengerti oleh siswa.
Hal ini bertujuan agar siswa tidak mengalami kesulitan saat pembelajaran berlangsun,
2) bagi siswa yang sudah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar, disarankan
untuk membiasakan menulis teks pidato agar kemampuan dalam menulis semakin
baik, dan 3) bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian yang sejenis dengan
bahasan yang berbeda, disarankan merencanakan pembelajaran seoptimal mungkin
dan memperhatikan hal-hal yang bersifat penting dalam penulisan teks pidato. | en_US |