Show simple item record

dc.contributor.authorUjang Sarwono
dc.date.accessioned2013-10-21T07:13:39Z
dc.date.available2013-10-21T07:13:39Z
dc.date.issued2013-10-21
dc.identifier.nimNIM070210402113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1355
dc.description.abstractPeningkatan Kemampuan Menulis Teks Pidato Melalui Kegiatan Peer Correction pada Siswa Kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong; Ujang Sarwono; 070210402113; 2011; 107 halaman; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong dalam pembelajaran menulis teks pidato masih belum mencapai ketuntasan belajar. Salah satu faktor penyebabnya adalah strategi pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat tradisional, sehingga mengakibatkan siswa menjadi pasif dalam belajar. Penerapan kegiatan peer correction digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks pidato. Penerapan peer correction dipilih karena dengan teknik ini siswa dilibatkan secara langsung dalam kegiatan koreksi kesalahan berbahasa yaitu menulis. Kegiatan peer correction diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai aturan-aturan yang benar dalam menulis, sehingga kemampuan siswa dalam menulis menjadi meningkat. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini mengangkat permasalahan (1) bagaimanakah penerapan kegiatan peer correction untuk meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong, dan (2) bagaimanakah kemampuan menulis siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong dalam menulis teks pidato setelah diterapkan kegiatan peer correction. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan kegiatan peer correction untuk meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong, dan (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong setelah diterapkan kegiatan peer correction. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan dan dilakukan kolaborasi antara peneliti dengan guru. Data diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan dalam suatu kegiatan pembelajaran, hasil wawancara dengan siswa dan guru Bahasa Indonesia kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menulis teks pidato melalui kegiatan peer correction pada siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong mengalami peningkatan. Hasil belajar menulis surat dapat diketahui melalui adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Pada tahap prasiklus terdapat 20 siswa (50%) yang mendapat nilai < 70. Pada siklus I terjadi peningkatan dari 20 menjadi 31 siswa (77,5%) yang mendapat nilai ≥ 70, akan tetapi belum mencapai ketuntasan secara klasikal (85%), kemudian setelah diterapkan siklus II meningkat menjadi 36 siswa (90%) dan dapat dinyatakan tuntas secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran menulis teks pidato melalui kegiatan peer correction pada siklus II, hasil belajar siswa menjadi lebih meningkat dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan pada siklus II guru lebih aktif membimbing siswa dalam menyelesaikan tugas, daripada siklus I guru kurang aktif membimbing siswa dalam menyelesaikan tugas, sehingga siswa menjadi kurang termotivasi dalam belajar. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian yaitu: 1) bagi guru bahasa dan sastra Indonesia, pada materi menulis teks pidato, sebaiknya menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis teks pidato seperti memperhatikan struktur kalimat, ejaan, dan penggunaan kalimat efektif dengan jelas dan mudah dimengerti oleh siswa. Hal ini bertujuan agar siswa tidak mengalami kesulitan saat pembelajaran berlangsun, 2) bagi siswa yang sudah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar, disarankan untuk membiasakan menulis teks pidato agar kemampuan dalam menulis semakin baik, dan 3) bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian yang sejenis dengan bahasan yang berbeda, disarankan merencanakan pembelajaran seoptimal mungkin dan memperhatikan hal-hal yang bersifat penting dalam penulisan teks pidato.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402113;
dc.subjectMENULIS TEKS PIDATO, PEER CORRECTIONen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO MELALUI KEGIATAN PEER CORRECTION PADA SISWA KELAS X7 SMA NEGERI 1 KENCONGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record