Show simple item record

dc.contributor.authorNinik Dwi Nur S
dc.date.accessioned2013-12-27T07:32:47Z
dc.date.available2013-12-27T07:32:47Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210101015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13513
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan SMPN 4 Jember sebagai tempat penelitian dan subjek penelitian siswa kelas VIIB, dengan jumlah siswa 32 siswa. Dipilihnya sekolah ini karena terdapat permasalahan dalam sistem pembelajaran. Permasalahan tersebut yaitu kesulitan siswa dalam mengoperasikan aljabar, siswa ramai pada saat pembelajaran, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru sehingga kelas menjadi pasif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan strategi pembelajaran yang sesuai dan menyenangkan bagi siswa. Salah satu strategi yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut adalah Implementasi pemberian penguatan dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penguatan adalah respon yang diberikan guru terhadap perilaku siswa baik secara verbal maupun nonverbal yang menyebabkan siswa tersebut terdorong untuk mengulangi perilaku yang baik. Penguatan ini diberikan dengan memperhatikan prinsip dan cara-cara pemberian penguatan. Guru dapat menarik perhatian siswa dengan penguatan, sehingga diharapkan siswa tidak ramai dalam pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah model pembelajaran yang menekankan kerja sama antar siswa, siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan setiap siswa dalam kelompok diberi nomor yang berbeda. Di akhir pembelajaran guru akan memanggil siswa secara acak untuk presentasi. Dengan demikian siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pemberian penguatan dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT, mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa setelah implementasi pemberian penguatan dalam vii pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober sampai 8 November 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I terdapat 2 kali pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus. Pembelajaran 1 membahas operasi penjumlahan dan pengurangan aljabar, pembelajaran 2 membahas operasi perkalian aljabar dan tes siklus 1 berisi tentang materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian aljabar. Siklus II juga terdiri dari dua pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus. Pembelajaran 3 membahas operasi pembagian aljabar, pembelajaran 4 membahas operasi perpangkatan aljabar dan tes siklus II berisi tentang materi pembagian dan perpangkatan aljabar. Metode pengumpulan data yang dilakukan observasi sebelum dan pada saat penelitian, wawancara kepada guru dan siswa, dokumentasi, dan tes pada akhir siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas guru dalam memberikan penguatan adalah 80% pada siklus I dan 75% pada siklus II. Persentase tersebut menunjukkan penguatan yang diberikan guru sudah optimal. Aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif NHT adalah 88,35% pada siklus I menjadi 91,65% pada siklus II. Aktivitas siswa yang diamati terdiri dari memperhatikan penjelasan guru atau teman, partisipasi dalam mengerjakan LKS, bertanya antara guru atau teman, dan menyampaikan pendapat/ide. Aktivitas ini meningkat dari 68% pada siklus I menjadi 82,4% pada siklus II. Aktivitas kelompok yang yang diamati terdiri dari kerjasama mengerjakan LKS, menanggapi penjelasan presentator, dan presentasi. Hasil analisisnya yaitu 51,9% pada siklus I menjadi 60,9% pada siklus II, yang berarti juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan dengan persentase 40,6% sedangkan pada siklus II telah mencapai ketuntasan dengan persentase 75%. Berdasarkan data-data tersebut, diketahui bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama menggunakan implementasi pemberian penguatan dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101015;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif Tipe NHTen_US
dc.titleImplementasi Pemberian Penguatan dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar di Kelas VIIB SMPN 4 Jember Tahun Ajaran 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record