NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KUMPULAN CERPEN ROBOHNYA SURAU KAMI KARYA A.A. NAVIS DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA
Abstract
Kumpulan  cerpen  Robohnya  Surau  Kami  karya  A.A  Navis  memuat  banyak 
nilai  kehidupan,  khususnya  nilai  pendidikan  (didaktis).  Dalam  kumpulan  cerpen 
Robohnya  Surau  Kami  terdapat  sepuluh  judul  cerpen.  Kumpulan  cerpen  Robohnya 
Surau  Kami  karya  A.A.  Navis  merupakan  sebuah  kumpulan  cerpen  yang  memuat 
berbagai  macam  permasalahan  kemanusiaan.  Berbagai  macam  kehidupan  dalam 
masyarakat  seperti  masalah  agama,  kemanusiaan,  keluarga,  dan  eksistensi  diri 
diangkat  oleh  pengarang  sebagai  tema  dalam  kumpulan  cerpen  ini.  Nilai  pendidikan 
merupakan  bagian  dari  unsur  ekstrinsik.  makna  nilai  pendidikan  yang  diacu  dalam 
sastra (cerpen) adalah kebaikan atau manfaat yang ada dalam makna karya sastra bagi 
kehidupan  manusia.  Keberagaman  nilai  pendidikan,  berdasarkan  dimensi 
kemanusiaan dapat digolongkan menjadi empat jenis, yaitu 1) nilai kesosialan, 2) nilai 
kepribadian,  3)  nilai  kesusilaan,  dan  4)  nilai  religius  (Tirtarahardja,  2005:  21).  Oleh 
karena  itu  rumusan  masalah  dalam  penulisan  skripsi  ini  adalah:  (1)  Bagaimanakah 
struktur  cerpen  Robohnya  Surau  Kami  karya  A.A.  Navis  yang  meliputi:  tokoh, 
konflik,  dan  tema,  serta  keterjalinannya  antar  unsur-unsur  tersebut?;  (2) 
Bagaimanakah  nilai-nilai  pendidikan  yang  terkandung  dalam  kumpulan  cerpen 
Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis?; (3) Bagaimanakah pemanfaatan nilai-nilai 
pendidikan  yang terdapat dalam kumpulan cerpen  Robohnya Surau Kami karya  A.A. 
Navis  sebagai  alternatif  materi  pembelajaran  apresiasi  sastra  di  SMA?  Melalui 
rumusan  masalah  tersebut,  tujuan  penelitian  ini  adalah  (1)  Mendeskripsikan  struktur 
cerpen  Robohnya  Surau  Kami  karya  A.A.  Navis  yang  meliputi:  tokoh,  konflik,  dan 
tema, serta keterjalinannya antar unsur-unsur tersebut. (2) mendeskripsikan nilai-nilai 
pendidikan  yang  terkandung  dalam  kumpulan  cerpen  Robohnya  Surau  Kami  karya 
A.A.  Navis;  (3)  mendeskripsikan  pemanfaatan  nilai-nilai  pendidikan  yang  terdapat 
dalam  kumpulan  cerpen  Robohnya  Surau  Kami  karya  A.A.  Navis  sebagai  alternatif 
materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA. 
Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  kualitatif  dengan  metode  deskriptif. 
Data  dalam  penelitian  ini  adalah  berupa  tulisan,  baik  berbentuk  kata-kata,  kalimat, 
maupun  paragraf.  Sumber  data  dalam  penelitian  ini  adalah  buku  kumpulan  cerpen 
Robohnya  Surau  Kami  karya  A.A.  Navis  cetakan  kelima  belas  yang  diterbitkan  oleh  
PT Gramedia Pustaka Utama pada bulan Maret tahun 2009. Teknik pengumpulan data 
dalam  penelitian  ini  adalah  dokumentasi.  Analisis  data  yang  digunakan  dalam penelitian  ini  adalah  deskriptif-interpretatif.  Penelitian  ini  menggunakan  instrumen 
penelitian  berupa  pemandu  pengumpul  data  dan  pemandu  analisis  data.  Prosedur 
penelitian yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; 
(3) tahap penyelesaian. 
Hasil  penelitian  ini  berupa  analisis  intrinsik  yang  terdiri  dari  tokoh,  konflik,  
tema,  dan  analisis  ekstrinsik  yang  berupa  nilai-nilai  pendidikan.  Keberadaan  tokoh, 
konflik,  dan  tema  dalam  kumpulan  cerpen  Robohnya  Surau  Kami  karya  A.A.Navis, 
secara  garis  besar  menyiratkan  tema  kemanusiaan.  Nilai-nilai  Pendidikan  yang 
terkandung  dalam  Kumpulan  cerpen  Robohnya  Surau  Kami  karya  A.A.  Navis 
meliputi  nilai  kesosialan,  nilai  kepribadian,  nilai  kesusilaan,  dan  nilai  religius.  Nilai 
kesosialan dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi 
hormat  dan  suka  menolong.  Nilai  kepribadian  dalam  kumpulan  cerpen  Robohnya 
Surau Kami karya  A.A. Navis  meliputi kerja keras,  memaafkan, sabar, dan tanggung 
jawab.  Nilai  kesusilaan  dalam  kumpulan  cerpen  Robohnya  Surau  Kami  karya  A.A. 
Navis  meliputi kasih  sayang, kewaspadaan hidup, dan sadar diri. Nilai religius dalam 
kumpulan  cerpen  Robohnya  Surau  Kami  karya  A.A.  Navis  meliputi  pengakuan 
adanya Tuhan dan keseimbangan.   
Simpulan  yang  diambil  dari  paparan  hasil  penelitian  dan  pembahasan  adalah 
analisis  kajian  nilai-nilai  pendidikan  dapat  dimanfaatkan  sebagai  alternatif  materi 
pembelajaran  apresiasi  sastra  tingkat  SMA,  khususnya  cerpen,  untuk  mencapai  
kompetensi  dasar  menemukan  nilai-nilai  cerita  pendek  melalui  kegiatan  diskusi, 
menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen, dan menemukan 
nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan.  
Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah:  (1)  Bagi pembaca dan 
peneliti  lain  yang  sejenis  dan  pengembang  ilmu  sastra,  kajian  dalam  penelitian  ini 
sifatnya  terbatas,  sehingga  pembaca  dapat  melakukan  pengembangan  untuk 
meluaskan  bahasan  kajian  penelitian,  khususnya  kajian  nilai;  (2)  Bagi  Guru  mata 
pelajaran  bahasa  dan  sastra  Indonesia,  penelitian  ini  dapat  dijadikan  sebagai  bahan 
alternatif materi apresiasi namun sebelumnya diharapkan untuk memahami isi cerpen, 
kajian teori dan memperdalam pemahaman tentang konsep sastra serta apresiasi lebih 
dahulu sebelum melakukan kegiatan lebih lanjut; (3) Bagi sekolah, hasil penelitian ini 
diharapkan  dapat  digunakan  sebagai  masukan  untuk  meningkatkan  kualitas 
pembelajaran  Bahasa  dan  Sastra  Indonesia,  serta  melengkapi  sarana  dan  prasarana 
yang  menunjang  proses  kegiatan  belajar  mengajar  untuk  menghasilkan  lulusan  yang 
berkualitas.
