| dc.description.abstract | Proses  belajar  mengajar  dapat  berjalan  secara  efektif  apabila  seorang  guru 
bisa  menggunakan  metode-metode  yang  bervariatif  utamanya  pada  media 
pembelajaran.  Tujuan  penelitian  untuk  mengetahui  bagaimana  penerapan  media 
gambar  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  mata  pelajaran  IPS  pokok  bahasan 
jenis-jenis  pekerjaan  pada  siswa  kelas  III  SDN  Bodang  03  Kabupaten  Lumajang. 
Berdasarkan rendahnya hasil belajar  mata pelajaran IPS SDN Bodang 03 disebabkan  
oleh  beberapa  faktor  yaitu;  strategi  pembelajaran  yang  digunakan  oleh  guru  kurang 
tepat,  ketika  menerangkan  pelajaran  suara  guru  kurang  jelas  sehingga    siswa  yang 
duduk  di  belakang  tidak  dapat  memahami  pelajaran,  dan  penggunaan  media 
pembelajaran yang sangat terbatas. Salah satu cara untuk memecahkan masalah pada 
mata pelajaran IPS, guru harus mengubah strategi pembelajaran, menggunakan media 
gambar  sebagai  media  pembelajaran,  hal  ini  bertujuan  untuk  menarik  minat  siswa 
selama mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa bisa dengan mudah memahami 
materi. 
Penelitian  ini  dilakukan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  melalaui 
media  gambar  sebagai  media  pembelajaran  pada  mata  pelajaran  IPS  pokok  bahasan 
jenis-jenis  pekerjaan  pada  siswa  kelas  III  SDN  Bodang  03  Kab.  Lumajang  Tahun 
Pelajaran  2010/2011.  Pengambilan  data  dilakukan  di  SDN  Bodang  03  Kec.Padang 
Kab. Lumajang pada tanggal 3 Januari 2011 sampai tanggal 14 Januari 2011. Subyek 
penelitian  adalah  siswa  kelas  III  dengan  jumlah  siswa  13,  terdiri  6  laki-laki  dan  7 
perempuan.  Jenis  penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dan  kuantitatif dengan  penelitian  tindakan  kelas  (PTK).  Pengumpulan  data  menggunakan  metode 
observasi,  wawancara,    tes,  dan  dokumentasi.  Data  yang  terkumpul  berupa  analisis 
jawaban siswa pada tes sklus I dan  siklus II. 
Hasil  persentase  ketuntasan  hasil  belajar  siswa  pasa  siklus  I  yaitu  46,1%,  , 
hasil tes formatif Siklus I 59,2%, Sedangkan ketuntasan secara klasikal pada siklus I 
mencapai  59,2%.  Hasil  persentase  ketuntasan  belajar  siswa  mengalami  peningkatan 
yang  signifikan  pada  siklus  II  yaitu  84,6%,  hasil  tes  formatif  siklus  II  98,3%. 
Sedangkan ketuntasan secara klasikal pada siklus II mencapai 76%. 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan media gambar pada 
mata  pelajaran  IPS  pokok  bahasan  jenis-jenis  pekerjaan  pada  siswa  kelas  III  SDN 
bodang  03  telah  banyak  mengalami  peningkatan  mulai  dari  siklus  I  sampai  dengan 
siklus II telah mencapai SKM. 
Setelah  diamati  dan  dikaji  ternyata  pembelajaran  IPS  dengan  menggunakan 
media gambar dapat menarik minat, perhatian dan kemauan siswa untuk mempelajari 
IPS,  sehingga  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa,  sesuai  dengan  SKM  yang 
ditentukan oleh sekolah. | en_US |