Show simple item record

dc.contributor.authorWendra Syehrofi
dc.date.accessioned2013-12-27T07:26:16Z
dc.date.available2013-12-27T07:26:16Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13503
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana tingkat ketepatan implementasi model pembelajaran yang diterapkan mahasiswa PPL biologi dan hubungan tingkat ketepatan implementasi model pembelajaran yang diterapkan mahasiswa PPL terhadap hasil belajar siswa biologi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri di wilayah kota Jember pada bulan November 2012. Sekolah yang dipilih sebagai tempat penelitian yaitu SMA Negeri Arjasa, SMA Negeri 4 dan 5 Jember. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Metode penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive sampling area. Responden dalam penelitian ini berjumlah 12 orang. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, dokumentasi, dan observasi mengajar. Data yang telah diperoleh dianalsis dengan analisis statistik korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh mahasiswa PPL biologi antara lain yaitu: model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together, Teams Games Tournament, dan Student Teams Achievement Division. Berdasarkan hasil rekapitulasi penggunaan model pembelajaran bahwa mahasiswa PPL yang menggunakan model pembelajaran langsung mempunyai persentase 40,9%, NHT mempunyai presentase 18,2%, TGT mempunyai persentase 9,1 %, dan STAD mempunyai persentase 31,8%. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan (P > 0,05) antara tingkat ketepatan implementasi model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dengan nilai P = 0,690 dan memiliki nilai r = 0,09 yang berarti bahwa tingkat ketepatan implementasi model pembelajaran mempunyai korelasi yang sangat rendah terhadap hasil belajar siswa biologi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran yang digunakan oleh mahasiswa PPL adalah pembelajaran langsung, NHT, TGT, dan STAD serta tingkat ketepatan implementasi model pembelajaran yang diterapkan oleh mahasiswa PPL biologi tidak berkorelasi terhadap hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0800210193008;
dc.subjectMahasiswa PPL, Implementasi, Hasil Belajar Biologien_US
dc.titleKEMAMPUAN MAHASISWA PPL DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DAN TINGKAT KETEPATANNYA DALAM IMPLEMENTASI SERTA HUBUNGANNYA DENGAN CAPAIAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (SMA Negeri di Kota Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record