Show simple item record

dc.contributor.authorPangestuti Purnaning Ratri
dc.date.accessioned2013-12-27T07:22:52Z
dc.date.available2013-12-27T07:22:52Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210204204
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13497
dc.description.abstractHasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang diajarkan masih menggunakan metode dan media yang sederhana dan kurang bervariasi yaitu ceramah, mencatat dan penggunaan buku cetak serta penugasan saja sehingga pembelajaran cenderung membosankan dan dikuasai oleh guru saja. Hal ini menjadi salah satu faktor masih rendahnya hasil belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran CD Interaktif dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan siswa, , karena dengan menggunakan CD interaktif pembelajaran menjadi menjadi lebih menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan metode demonstrasi menggunakan media CD interaktif; (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi menggunakan media CD interaktif; (3) untuk mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi menggunakan media CD interaktif. Penelitian ini dilaksanakan di SDK Yos Sudarso kecamatan Ambulu kabupaten Jember yang terdiri dari 26 siswa, 14 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dan diawali dengan pra siklus. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis tes individu, dan tes kelompok. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar, berturut-turut menggunakan rumus: %100xN APa = dan %100xN nE = . Berdasarkan analisis data untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal dari rata-rata siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, secara berurutan yaitu 40,38% dalam kategori cukup aktif dan 84,61% dalam kategori sangat aktif. Hasil belajar pra siklus nilai rata-rata kelas 73,5 dengan nilai terendah 37 dan nilai tertinggi 100. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat hingga mencapai 79,65 dengan nilai terendah 59 dan nilai tertinggi 100. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat hingga mencapai 85,61 dengan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 100. Berdasarkan hal tersebut, ketuntasan hasil belajar siswa terlihat pada prasiklus (sebelum tindakan) adalah 53,84% dengan 12 siswa belum tuntas, siklus I adalah 73,08% dengan 7siswa belum tuntas dan pada siklus II adalah 84,61% dengan 4 siswa belum tuntas. Hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas siswa selama pembelajaran IPA menggunakan media CD interaktif mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (2) hasil belajar siswa selam pembelajaran mengalami peningkatan dan sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal; (3) Pembelajaran IPA menggunakan media CD interaktif dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDK Yos Sudarso Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204204;
dc.subjectHASIL BELAJAR IPAen_US
dc.titlePENERAPAN METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN MEDIA CD INTERAKTIF DALAM SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDK YOS SUDARSO AMBULU KABUPATEN JEMBER TAHUNPELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record